Puncak Arus Balik Diprediksi Besok, Angkutan Barang Dialihkan Lewat Pantura

Sudirman Wamad - detikNews
Sabtu, 31 Okt 2020 16:04 WIB
Kendaraan besar dialihkan di tol palimanan
Foto: Sudirman Wamad
Cirebon -

Volume kendaraan yang melintas ke arah Jakarta melalui tol mulai meningkat. Petugas gabungan memberlakukan rekayasa lalu lintas khusus angkutan barang golongan tiga hingga lima di pintu keluar Tol Palimanan 4.

Kendaraan golongan tiga hingga lima yang mengarah Jakarta, yang menuju Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) diarahkan untuk keluar menuju jalur pantura. "Rekayasa lalu lintas ini mulai pukul 12.00 WIB sampai hari Senin (02/10) nanti. Kita keluarkan kendaraan operasional angkutan barang sumbu tiga ke atas yang dari arah Jateng menuju Jakarta, melalui pintu Tol Palimanan 4. Ini untuk mengurangi beban volume kendaraan," kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi, Sabtu (31/10/2020).

Syahduddi mengatakan kendaraan yang melintas menuju Jakarta lebih banyak dibandingkan, yang mengarah Jateng. Lebih dari delapan ribu kendaraan telah melintas menuju Jakarta. "Per tiga jam, dari jam 09.00 WIB hingga 12.00 WIB sekitar tiga ribu kendaraan. Kalau dihitung sejak tadi malam sudah mencapai delapan ribuan," kata Syahduddi.

Syahduddi mengaku telah menyiapkan antisipasi lainnya jika terjadi kepadatan kendaraan di rest area. "Untuk rest area kita sudah siapkan personel, seperti di Rest Area KM 229 B. Apabila penuh diimbau untuk melanjutkan rest area berikutnya," kata Syahduddi.

Sementara itu diprediksi puncak arus balik libur panjang dan cuti bersama di Tol Cipali terjadi besok. "Puncak arus balik diprediksi besok siang sampai dengan malam hari. Rekayasa lalu lintas sama, mengalihkan kendaraan sumbu tiga menuju arteri (jalur pantura). Ini untuk mengurangi beban volume kendaraan di tol," kata Kapolresta Cirebon.

Petugas juga mengantisipasi kepadatan di rest area. "Ketika rest area tidak menampung maka diimbau untuk melanjutkan ke (rest area) berikutnya," kata Syahduddi.

Di tempat yang sama, Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan mulai hari ini terjadi peningkatan arus kendaraan di tol. Ia memprediksi puncak arus balik libur panjang dan cuti bersama terjadi besok.

"Hari ini ada peningkatan sedikit, besok puncak. Masih ada sekitar 52 ribu kendaraan yang akan melintas dari timur (Jateng), dan sekitar 53 ribuan kendaraan dari Bandung," kata Eddy.

Tonton video 'Puncak Arus Balik Penumpang Kereta Diprediksi Terjadi Awal November':

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)