226 Orang Lolos CPNS Kabupaten Sumedang, Sejumlah Formasi Kosong

Muhamad Rizal - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 18:03 WIB
Ilustrasi Tes CPNS
Ilustrasi (Foto: Ilustrasi/Luthfy Syahban)
Sumedang -

Pemerintah Kabupaten Sumedang mengumumkan hasil seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Jumat (30/10/2020).

Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Kabupaten Sumedang, sebanyak 226 peserta CPNS lolos dalam seleksi CPNS.

Namun jumlah tersebut tidak memenuhi kouta yang sudah ditentukan, sebab Pemkab Sumedang mendapat jatah kuota dari Pemerintah Pusat sebanyak 235 formasi.

Jumlah kuota formasi tersebut yakni, 125 tenaga pendidikan, 30 tenaga kesehatan dan 80 tenaga teknis. Di luar itu terdapat tambahan formasi khusus yakni, 4 orang disabilitas, dan 2 orang cumlaude untuk formasi teknis.

"Hasil seleksi CPNS tahun 2019 sudah keluar, ada 226 yang dinyatakan lolos, tapi kurang dari kuota yang sudah ditentukan," kata Kasubid Pengadaan dan Pensiun, BKPSDM Sumedang, Asep Darussalam saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (30/10/2020).

Kata Asep, Saat itu terdapat 405 peserta yang mengikuti SKB, namun dari jumlah tersebut hanya hanya 226 orang yang dinyatakan lolos pada seleksi CPNS tahun 2019.

Ratusan peserta itu dinyatakan lolos setelah mengikuti tahap seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB), sehingga hasil itu merupakan hasil integrasi antara SKD dan SKB.

"Tapi mereka baru lolos seleksi CPNS saja. Untuk diangkat 100 persen menjadi PNS harus menunggu selama satu tahun," katanya.

Menurutnya, sebelum peserta CPNS ini benar-benar diangkat menjadi PNS, mereka harus terlebih dahulu untuk mengikuti diklat pra jabatan, setelah itu baru akan resmi menjadi PNS.

"Karena formasinya tidak terisi atau kosong, Jadi untuk formasi itu kami hanya bisa memanfaatkan yang lolos saja," katanya.

Sementara itu, kata Asep, untuk dapat mengisi kuota yang kosong, pihaknya masih bisa memanfaatkan SDM yang ada, termasuk memanfaatkan tenaga honorer.

(mud/mud)