Pilbup Sukabumi, Cabup Petahana Klaim Sejumlah Keberhasilan

Syahdan Alamsyah - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 18:34 WIB
Cabup Sukabumi Marwan Hamami.
Foto: Cabup Marwan Hamami (Istimewa).
Sukabumi -

Marwan Hamami, kembali mencalonkan diri sebagai Bupati Sukabumi dalam Pemilihan Kepala Daerah tahun ini. Ia menggandeng mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Iyos Somantri sebagai pasangannya. Sudah banyak yang mengetahui latar belakang status Marwan sebagai pengusaha yang mumpuni dibidang minyak dan gas.

Dikutip dari situs Pemkab Sukabumi diketahui Marwan lahir dan dibesarkan di Sukabumi, pada 22 Mei 1963. Dari pendidikan SD hingga SMA dihabiskan Marwan di Sukabumi. Kemudian tahun 1981-1986 ia mengambil S1 di FSIP Unpar Bandung dan pada 1998-2000 S2 di STIE Indonesia Emas Bandung.

Lahir dari keluarga pekerja keras, Marwan memulai karirnya di sejumlah perusahaan. Jabatan yang pernah ia pegang antara lain sebagai Kabag Operasional di PT Kujang Mas Permas dan menjadi direkur di perusahaan yang sama dan akhirnya menjadi direktur utama di PT Kujang Mas hingga hari ini.

Marwan pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Sukabumi pada periode pemerintahan tahun 2005 - 2010 mendampingi Sukmawijaya. Sempat berkecimpung sebagai Ketua DPD Golkar, Marwan kembali ikut kontestasi Pilkada pada tahun 2015 dan kemudian menjabat sebagai Bupati Sukabumi dengan wakilnya saat itu Adjo Sardjono.

"Fokus saya saat itu adalah untuk membangun, tidak lebih. Apa yang saya lakukan atas dasar kecintaan saya kepada Kabupaten Sukabumi tempat dimana saya dilahirkan dan dibesarkan. Mulai dari peningkatan infrastruktur, pembangunan wisata dan banyak lagi termasuk perhatian kepada bidang sosial-keagamaan," kata Marwan, Rabu (28/10/2020).

Semasa kepemimpinannnya Marwan meyakini banyak perubahan yang sudah dilakukan untuk wajah Kabupaten Sukabumi. Akses infrastruktur terutama ke lokasi wisata banyak terbangun, tidak sedikit juga rumah tidak layak huni (Rutilahu) yang berhasil diperbaiki.

"Infrastruktur yang menjadi fokus kami itu kan tidak hanya jalan saja, ada juga pembangunan infrastruktur pendidikan misalnya di tingkat Sekolah Dasar (SD) rehab sedang kita lakukan ke 45 lokal kelas, rehab berat 1.056 lokal dan ruang kelas baru 213 lokal kelas. Untuk SMP rehab sedang 257 lokal, rehab berat 421 lokal dan ruang kelas baru 97 lokal. Ini menjadi perhatian kita, itu data dari tahun 2019 bagaimana anak-anak kita bisa menikmati masa sekolahnya dengan nyaman," beber Marwan.

Perhatian Marwan dalam membangun Sukabumi juga dibuktikan dengan meraih lebih dari 170 penghargaan dari berbagai bidang. Mulai dari pariwisata, pemerintahan, kesehatan dan bidang lainnya. Hal ini juga yang membuatnya bertekad untuk kembali membangun Sukabumi di periode kedua nanti.

"Tagline kami melanjutkan kebaikan, ini tidak lepas dari birokrasi yang handal dan elemen masyarakat yang juga berkontribusi terhadap pembangunan di Kabupaten Sukabumi. Lahir dan besar di Sukabumi dan niat dasar saya berbuat baik untuk tempat yang melahirkan saya," pungkasnya.

(sya/mso)