Hati-hati! Potensi Hujan Disertai Angin Kencang di Beberapa Daerah Jabar

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 08:44 WIB
Ilustrasi Hujan Deras Angin Kencang Genangan Air
Foto: (Ilustrasi oleh Zaki Alfarabi)
Bandung -

BMKG Bandung memprediksi sejumlah daerah di Jawa Barat akan diguyur hujan sejak pagi hingga malam hari, Selasa (27/10/2020). BMKG juga mengingatkan adanya potensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang di beberapa daerah.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai angin kencang, kilat/petir pada pagi hari hingga malam hari di wilayah Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Kuningan, Kota Banjar, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran, Subang dan Kabupaten Indramayu," ucap Kepala BMKG Bandung Tony Agus Wijaya dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Tony sebagian besar daerah di Jawa Barat akan diguyur hujan dengan intensitas yang berbeda. Pada pagi secara umum berwan, berpotensi hujan ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Pangandaran. Hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Kuningan, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Tasikmalaya.

Sementara untuk siang hingga sore hari secara umum berpotensi hujan ringan. Hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Kuningan, Kota Banjar, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Subang dan Kabupaten Indramayu.

"Malam hari secara umum berawan, berpotensi hujan ringan di wilayah Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cianjur, dan potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Kabupaten Garut," ucap Tony.

Pada dini hari, secara umum kondisi cuaca di wilayah Jawa Barat diprediksi berawan. Untuk suhu udara wilayah Jawa Barat bagian utara berkisar 23 derajat celcius hingga 35 derajat celcius. Jawa Barat bagian selatan antara 18 derajat celsius hingga 32 derajat celcius.

Sementara untuk kelembapan udara untuk Jawa Barat bagian utara sekitar 50 persen hingga 95 persen. Jawa Barat bagian selatan 55 persen hingga 97 persen.

"Angin secara umum bertiup dari arah tenggara hingga barat daya dengan kecepatan 05-35 km/jam," ujarnya.

(mso/mso)