Jelang Libur Panjang, Satpol PP Kuningan Pantau Prokes di Tempat Wisata

Bima Bagaskara - detikNews
Minggu, 25 Okt 2020 20:31 WIB
Tempat wisata di Kabupaten Kuningan.
Foto: Tempat wisata di Kabupaten Kuningan (Bima Bagaskara/detikcom).
Kuningan -

Tempat wisata di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat diprediksi akan ramai dipadati wisatawan pada libur panjang nanti. Penerapan protokol kesehatan (prokes) di tempat wisata jadi perhatian khusus Satpol PP Kabupaten Kuningan.

Minggu (25/10/2020), Satpol PP Kabupaten Kuningan bersama Satpol PP Provinsi Jawa Barat menggelar monitoring ke sejumlah tempat wisata yang ada untuk memastikan kesiapan penerapan prokes jelang libur panjang nanti.

"Sudah dua hari dilakukan kegiatan bersama Satpol PP Provinsi, kemarin sasarannya tempat wisata di Kecamatan Kuningan, Kramatmulya dan Cilimus. Hari ini di Cigugur, Kadugede, Darma dan Ciawigebang," kata Kepala Bidang Tribumtranmas Satpol PP Kabupaten Kuningan M Agung Anugrah.

Agung menegaskan monitoring itu bertujuan untuk memastikan kesiapan pengelola tempat wisata dalam menghadapi libur panjang pada 28 Oktober hingga 1 November nanti.

"Untuk antisipasi libur panjang kita menggelar monitoring agar objek wisata mempersiapkan prokesnya dengan pertimbangan kemungkinan membludaknya pengunjung pada libur panjang nanti," ucap Agung.

Selain tempat wisata kata Agung, penerapan prokes di tempat perniagaan dan area publik juga menjadi perhatian Satpol PP dan Tim Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Kuningan.

Menurutnya dari hasil monitoring ke beberapa tempat wisata seperti objek wisata Cibulan, Taman JNJ dan Waduk Darma, pihak pengelola sudah menerapkan prokes sesuai dengan standar yang ditentukan.

"Secara keseluruhan sudah bagus, dari beberapa sampel tempat wisata yang didatangi seperti Cibulan, JNJ dan Waduk Darma menyediakan tempat cuci tangan, thermogun dan menyediakan masker bagi pengunjung," katanya.

"Namun yang jadi kendala itu soal jaga jaraknya. Karena kalau pengunjung membludak pihak pengelola juga sulit mengontrol. Makanya Satgas akan mengawasi langsung nanti (saat libur panjang)," lanjut Agung.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat terutama yang akan berlibur di Kabupaten Kuningan untuk mematuhi prokes minimal dengan memakai masker dan bisa menjaga jarak.

Tonton juga 'Langkah Antisipasi Menhub Menjelang Libur Panjang':

[Gambas:Video 20detik]

(mso/mso)