Ridwan Kamil Minta BPBD Siapkan Skenario Terburuk Hadapi La Nina

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 24 Okt 2020 17:34 WIB
Curhat soal Corona, Ridwan Kamil ngaku pernah dibawa mimpi
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten/kota serempak untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi akibat fenomena La Nina.

Untuk meningkatkan kewaspadaan dan langkah antisipatif, pria yang akrab disapa Kang Emil itu meminta agar BPBD di daerah menyiapkan sejumlah skenario terburuk sebagai rencana penanggulangan dari anomali cuaca tersebut.

"Jadi masyarakat sudah siap (saat fenomena La Nina hadir di Jabar). Terus tentunya karena ini tidak lazim, buat sejumlah skenario terburuknya seperti apa," kata Emil dalam siaran persnya, Sabtu (24/10/2020).

Arahan tersebut, diberikan Kang Emil saat melaksanakan konferensi virtual bersama perwakilan BPBD kabupaten/kota dari Kabupaten Pangandaran, Jumat (23/10/2020). "Jika La Nina berdampak di Jabar, antisipasi kita itu seperti apa. Misal mengungsi. Mengungsi ke mana, kapasitasnya berapa," katanya.

La Nina ini merupakan anomali suhu muka air laut, di mana suhu di laut akan lebih dingin sampai bisa minus satu derajat Celcius atau lebih. Dampaknya, terjadi peningkatan curah hujan.

Tonton video 'Blak-blakan 5 Ancaman Bencana Akibat La Nina':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2