Waspada Luapan Sungai, Warga Bandung Manfaatkan Pengeras Suara Masjid

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 24 Okt 2020 13:15 WIB
Tiga tanggul di aliran Sungai Cicadas Baru, Kota Bandung jebol. Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung kini membangun tanggul sementara.
Ilustrasi sungai di Bandung. (Foto: Wisma Putra/detikcom)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat melaporkan saat ini anomali iklim La Nina baru merambah di wilayah selatan Jawa Barat, seperti wilayah Garut, Sukabumi, Bogor, Tasikmalaya dan Pangandaran.

Fenomena alam yang terjadi secara periodik dua sampai tujuh tahun ini diprediksi akan mulai bergeser ke wilayah tengah Jawa Barat seperti Ciamis, Bandung dan mulai merambah ke Jabar bagian utara pada Desember mendatang. "Januari-Februari bisa merata ke seluruh wilayah di Jawa Barat," ujar Kepala Pelaksana Harian BPBD Jabar Dani Ramdan saat ditemui, Selasa (20/10).

Dani mengatakan, ada beberapa langkah yang tengah dilakukan BPBD untuk meminimalisasi dampak bencana hidrometerologi yang dipicu oleh tingginya curah hujan yang tinggi. "Kami sedang meningkatkan kesiapsiagaan dengan seluruh BPBD di kabupaten/kota, dan ada juga rapat koordinasi di tingkat provinsi dan kota/kabupaten dengan melibatkan Dinas PU, Dinkes, Dinsos, dan unsur relawan untuk merumuskan rencana kontigensi dan rencana aksi," tutur Dani.

Halaman

(yum/bbn)