Waspada Luapan Sungai, Warga Bandung Manfaatkan Pengeras Suara Masjid

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 24 Okt 2020 13:15 WIB
Tiga tanggul di aliran Sungai Cicadas Baru, Kota Bandung jebol. Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung kini membangun tanggul sementara.
Ilustrasi sungai di Bandung. (Foto: Wisma Putra/detikcom)

Untuk memberitahu peringatan dini akan luapan sungai, warga biasanya memanfaatkan pengeras suara di masjid agar warga bersiaga. "Warga segera waspada, karena banjir. Air mulai naik," tiru Untung.

Pengumuman via pengeras suara itu dilakukan dari beberapa masjid, biasanya yang membuat pengumuman berasal dari pengurus masjid atau pun pengurus RT setempat. "Kalau air meninggi ada warning seperti itu. Karena memang sejak 10 tahun terakhir ya, di sini jadi sering banjir seiring dengan beralihnya lahan dari yang dulu kebun tempat resapan, sekarang menjadi perumahan baru," ucap Untung.

La Nina Merambah ke Bandung

Pemerintah Kota Bandung terus melakukan langkah antisipasi demi mencegah dampak buruk terjadinya bencana alam. Apalagi saat ini telah memasuki musim hujan.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana menyatakan Kota Bandung memiliki sejumlah potensi bencana yang harus diwaspadai. Seperti banjir, longsor hingga pohon tumbang bisa terjadi kapan saja.

"Diprediksi oleh BMKG cuaca seperti saat ini bisa berlangsung sampai Maret 2021. Sehingga Kota Bandung sebagai daerah cekungan tentunya harus mewaspadai beberapa hal yang kemungkinan bisa terjadi seperti longsor, banjir termasuk pohon tumbang," kata Yana kepada Wartawan, Jumat (23/10).

Dalam apel itu, seluruh elemen terlibat dari mulai TNI, Polri, dinas terkait hingga elemen masyarakat. Kolaborasi ini, kata dia, penting karena pemerintah tidak bisa mengatasi ancaman bencana sendiri.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3