Dapur-Kamar Mandi Kontrakan di Bandung Hancur Gegara Kirmir Ambrol

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 24 Okt 2020 12:31 WIB
Kirimir Ambrol di Bandung
Lokasi kirmir ambrol sehingga mengakibatkan bangunan tempat tinggal ambruk. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Hujan deras mengguyur Kota Bandung, Jumat (23/10) sore, menyebabkan kirmir sungai ambrol dan mengakibatkan dapur serta kamar mandi kontrakan milik Asep Juhanda hancur. Lokasi kejadian di Jalan Citepus I, Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung.

Kirmir dari bata penahan bangunan diduga tergerus arus Sungai Cilimus. Debit air anak sungai Citepus cukup deras saat kejadian. Akibatnya kirmir yang sudah lapuk termakan usia itu ambrol.

"Kejadiannya sekitar jam 14.30. Hujan terlebih dahulu, mungkin sudah sering terjadi di Kelurahan Pajajaran itu, air suka meluap karena air dari hulu seperti Pasteur atau Surya Sumantri turunnya ke sini," ujar Lurah Pajajaran Paridin saat ditemui detikcom di lokasi bencana.

"Bangunan ini kan belum pakai kirmir batu ya, masih pakai kirmir batako. Usia bangunan kirmir dari bata yang sudah tua, makanya terjadi longsor seperti ini, yang terbawa longsor hanya dapur dan kamar mandi," ucap Paridin melanjutkan.

Walau demikian, ujarnya, kejadian ini berdampak pada 8 kepala keluarga dengan jumlah 23 jiwa. Para penghuni kontrakan pun dievakuasi sementara ke kerabat terdekat dan pengurus RW yang menangani pascabencana.

"Penghuni bingung untuk masak dan mandi, itu yang menjadi hambatan. Makanya mereka diungsikan. Penghuni dievakuasi dulu, tapi yang dekat ini sekarang kita antisipasi terjadinya longsor susulan. Penganan sementara kita ada petugas gabungan dari masyarakat, terus Gober, dari kelurahan, kecamatan dan juga dari Dinas Kebakaran, Satgas Citarum Harum," tutur Paridin.

Kirimir Ambrol di BandungPara petugas turun tangan membersihkan sisa-sisa material yang tergerus longsor. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)

Lihat juga video 'Tebing Jalan Proyek Wisata Air Panas Sukabumi Ambrol, 2 Motor Terseret':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2