Butomgede Sumedang Disiapkan Jadi Kawasan Industri

Muhamad Rizal - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 22:48 WIB
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir (Foto: Muhamad Rizal/detikcom)
Sumedang -

Pemkab Sumedang berencana membangun kawasan industri di empat kecamatan yaitu Buahdua, Ujungjaya, Tomo dan Jatigede (Butomgede). Hal itu dilakukan untuk meningkatkan investasi dan juga mendorong roda perekonomian masyarakat Sumedang.

Pembangunan kawasan industri tersebut karena saat ini proyek pembangunan Jalan Tol Cisumdawu segera rampung. Selain itu, wilayah Sumedang ini dekat dengan Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka.

Pemkab Sumedang sudah membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang rencana tata ruang wilayah (RTRW) untuk empat kecamatan yang akan dijadikan kawasan industri. "Butomgede ini strategis dan moda transportasinya lengkap. Daratnya ada jalan tol, apalagi Ujungjaya persinggungan dengan Tol Cisumdawu dan Cipali," kata Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, Jumat (23/10/2020).

Pemkab Sumedang sudah memiliki konsep untuk memperbaiki kemiskinan di kawasan strategis nasional, termasuk di kawasan Butomgede. "Kami tidak ingin menciptakan kemiskinan baru, perhatikan orang terkena dampak (OTD), termasuk pembayaran (ganti rugi) dan sebagainya. Jadi, kami sudah punya konsep pengentasan kemiskinan," tuturnya.

Menurut Dony, adanya fasilitas tersebut, dapat menarik investor untuk berinvestasi di Sumedang. Ia pun sudah meminta bantuan ke Deputi Kemenko Kemaritiman dan Investasi.

"Saya sudah berkomunikasi via Zoom meeting dengan Deputi Kemenko Kemaritiman dan Investasi, khusus menyampaikan peluang investasi dampak adanya jalan tol dan bandara," ucap Dony.

Selain itu, menurut Dony, Butomgede pontensial dijadikan kawasan Industri. Sebab akses daerah tersebut terkoneksi dengan BIJB Kertajati di Majalengka dan Pelabuhan Patimban di Subang.

"Lalu bagaimana mendorong dalam investasi ini? Harus ada kemudahan dalam perizinan. Kami, sudah memiliki Mal Pelayanan Publik (MPP) yang bisa mempercepat pelayanan perizinan," ucapnya.

Dony berharap hadirnya kawasan industri di kawasan Butomgede ini berdampak positif yaitu membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat. Sehingga, kata dia, kemiskinan di Sumedang bisa ditangani secara baik.

(bbn/bbn)