Dear Mahasiswa, Siapkan Ini Sebelum Demonstrasi di Jalan

Siti Fatimah - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 08:32 WIB
Sejumlah massa aksi dari berbagai elemen mendatangi kawasan Patung Kuda, Jakarta, Selasa (20/10). Aksi tersebut masih dalam rangka penolakan Omnibuslaw Cipta Kerja.
Ilustrasi demo (Foto: Rifkianto Nugroho)
Bandung -

Belakangan ini, sejumlah aksi penolakan pengesahan Omnibus Law Undang-undang Cipta Kerja di sejumlah daerah. Sebelum melakukan demonstrasi di jalanan, ada beberapa hal yang harus disiapkan jika menjadi peserta demo.

Salah satunya yang dibagikan di Twitter baru-baru ini. Akun media sosial Aliansi Rakyat Bergerak membagikan postingan berisi gambar icon apa saja yang dibutuhkan sebelum turun aksi.

"Besok bakal jadi hari yang panjang, jadi semua hal hendaknya dipersiapkan matang-matang," tulis akun @gjyn**** seperti dilihat detikcom, Rabu (21/10/2020).

"Jangan lupa bawa hal-hal di bawah ini," lanjutnya.

Beberapa barang yang perlu dibawa yaitu:
1. Payung dan Jas Hujan
2. Bekal minuman dan makanan
3. Bawa uang secukupnya
"Untuk membuat laris pedagang sekitar lokasi dan mentraktir teman," ujarnya.
4. Hand Sanitizer
5. Obat-obatan pribadi
6. Masker

Tak lupa postingan tersebut juga mengingatkan untuk menjaga protokol kesehatan COVID-19. "Dan tetap mematuhi protokol kesehatan," tulisnya disertai dengan tagar #MosiTidakPercaya #CabutOmnibusLaw dan #DewanRakyat.

Selain kebutuhan peralatan, massa aksi juga perlu menyiapkan persiapan lain sebelum turun aksi. Dari mulai kesehatan dan argumentasi tuntutan dalam aksi.

Pertama, siapkan kondisi fisik yang prima karena aksi unjuk rasa dalam jumlah besar membutuhkan energi. Paling tidak lakukan pemanasan sehari sebelumnya dengan berolahraga ringan.

Persiapan kedua, sampaikan pendapat sesuai tujuan. Pastikan jika ingin turun aksi benar-benar ingin menyampaikan aspirasi dan menuntut kebijakan-kebijakan yang tidak perlu dilakukan oleh pemangku kebijakan.

Kemudian, siapkan logistik seperti spanduk tentang tuntutan, makanan, minuman, hingga obat-obatan. Logistik perlu disiapkan agar aksi unjuk rasa dapat berjalan dengan lancar.

Terakhir, hindari sikap frontal. Tak jarang aksi unjuk rasa disertai dengan sikap dan ucapan frontal sehingga memicu sikap represif yang tidak diinginkan. Sampaikan tuntutan dengan cara yang wajar dan lantang. Tidak dengan kata-kata yang menghina atau melecehkan.

Simak video 'Ikutan Demo, Siswa SMA Dijemput Paksa Ibunya':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)