Pemprov Jabar Targetkan Bangun 44 Apartemen Transit untuk Buruh

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 14 Okt 2020 12:46 WIB
Sejumlah pekerja bangunan berlomba membuat rumah dalam Pameran Konstruksi Indonesia di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Yuk kita lihat.
Ilustrasi pekerja bangunan. (Foto: Pradita Utama)

Terkait tingkat hunian dari empat apartemen tersebut, Boy mengatakan rata-rata hunian mencapai 80 persen. "Di Solokan Jeruk ada satu menara yang belum dihuni karena belum serah terima dari PUPR," ucap Iman.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengelola dan Pelayanan Perumahan Jawa Barat (UPTD P3JB) Aida Fitriyani mengatakan tingkat okupansi 4 apartemen transit di Bandung Raya rata-rata mencapai 97,6 persen. "Okupansi masih tinggi, angka 97,6 persen itu kami ambil rata-rata," kata Aida.

Untuk empat apartemen yang sudah ada sekarang, Aida menjelaskan hunian tersebut tak hanya dihuni oleh buruh. Tetapi juga dihuni oleh PNS dan non-PNS. Sementara apartemen transit Batujajar dikhususkan untuk buruh seperti halnya Solokan Jeruk dan Rancaekek.

Kendati begitu ada syarat yang harus dipenuhi bagi calon penghuni, yakni belum memiliki rumah atau tempat tinggal, dan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang memiliki batas pendapatan tertentu. "Fasilitasnya ada sarana air bersih, pengelolaan limbah, fasilitas listrik, sarana ibadah hingga taman bermain," ujar Aida.

Halaman

(yum/bbn)