Bandung Zona Merah, Walkot Oded Pastikan Tak Ada Perubahan Relaksasi

Siti Fatimah - detikNews
Rabu, 07 Okt 2020 20:06 WIB
Wali Kota Bandung Oded M Danial
Wali Kota Bandung Oded M Danial (Foto: Siti Fatimah/detikcom)
Bandung -

Pemprov Jabar menetapkan Kota Bandung masuk zona merah penyebaran COVID-19. Meski begitu, Pemkot Bandung memastikan keputusan terkait pembatasan dari sejumlah relaksasi ekonomi yang sudah ditentukan sebelumnya, tidak akan berubah.

Beberapa relaksasi yang sudah dibuka seperti tempat wisata, tempat hiburan, dan pusat perbelanjaan masih diperbolehkan beroperasi sesuai dengan Peraturan Wali Kota (Perwal) yang berlaku yaitu pembatasan jam operasional dan kapasitas ruangan. "Iya masih (beroperasi seperti biasa) karena COVID-19 ini menjaga dua pondasi keseimbangan, kesehatan dan ekonomi," kata Oded dalam Jumpa Pers di Pendopo, Rabu (7/10/2020).

Keputusan tersebut dilakukan karena meski ditetapkan sebagai zona merah, Pemkot Bandung mengklaim data reproduksi yang dimilikinya berada di bawah 1 tepatnya 0,83. Bahkan menurun 0,16 sejak dua pekan lalu.

"Data kita masih terkendali, hasil ratas dengan Forkopimda kami sangat yakin dengan data kami. Karena masih dalam kondisi terkendali, maka kita mengeluarkan kebijakan seperti ini," ucap Oded.

Perihal keputusan Pemprov Jabar terkait penetapan zona merah di Kota Bandung, Oded menghormati keputusan tersebut. "Adapun evaluasi dari provinsi kami sangat menghormati," ujar Oded.