Satu Jam Mahasiswa Duduki Flyover Pasupati Bandung

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 06 Okt 2020 17:09 WIB
Satu jam sudah ribuan mahasiswa menduduki jalan layang (fly over) Pasupati di Kota Bandung, Selasa (5/6/2020) sore. Mereka mulai menutup jalan dari mulut Pasupati yang mengarah ke Jalan Pasteur.
Pedemo menduduki flyover Pasupati Bandung. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Selama satu jam ribuan mahasiswa menduduki jalan layang (flyover) Pasupati di Kota Bandung, Selasa (6/10/2020) sore. Mereka mulai menutup jalan dari mulut Pasupati yang mengarah ke Jalan Pasteur.

Pantauan detikcom, mahasiswa yang awalnya berunjuk rasa menolak Omnibus Law di Gedung DPRD Jabar ini mulai menduduki flyover Pasupati sejak pukul 15.45 WIB. Hingga pukul 16.45 WIB mereka masih menutup jalan tersebut dan belum tampak ada pergerakan kembali. Kendaraan masih tertahan dari arah Suci menuju Pasteur.

Jalan menuju Pasteur sempat dibuka satu kali oleh mahasiswa ketika ambulans hendak melintas. Namun, tak lama setelah ambulans lewat, jalan tersebut ditutup kembali.

Hingga akhirnya, pada pukul 16.53 WIB, mahasiswa membuka akses jalan kembali. Lalu lintas kendaraan yang semula tersendat, kembali mengalir.

Sebelumnya, ribuan mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Bandung Raya berunjuk rasa di depan Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat pada Selasa (6/10/2020). Aksi mereka selaras dengan buruh, yakni mendesak agar pemerintah mencabut UU Cipta Kerja yang telah disahkan pemerintah dan DPR RI.

Sejumlah mahasiswa yang berpakaian bebas dan beralamamater ini melakukan orasi di tengah Jalan Diponegoro. Petugas pun terpaksa menutup ruas jalan tersebut.

Aksi bakar ban dan teatrikal pun mewarnai unjuk rasa pun. Mahasiswa mengenakan kostum pocong yang digambarkan menggambarkan hati nurani pemerintah saat mengesahkan UU Cipta Kerja.

Flyover Pasupati Diduduki Massa Tolak UU Ciptaker, Arus Lalin Lumpuh:

[Gambas:Video 20detik]



(yum/bbn)