Pelanggar Protokol Kesehatan di Ciamis Dihukum Tidur Dalam Ambulans

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 11:56 WIB
Pelanggar protokol kesehatan di Ciamis dimasukan ke dalam mobil ambulans.
Pelanggar protokol kesehatan di Ciamis dihukum berbaring di dalam mobil ambulans (Foto: Istimewa).
Ciamis -

Pemkab Ciamis bersama tim gabungan gencar melakukan operasi yustisi dengan menjaring warga tak bermasker. Kali ini petugas memasukkan seorang pelanggar protokol kesehatan ke dalam mobil ambulans

Video penerapan sanksi tersebut banyak tersebar di grup WhatsApp dan media sosial. Dalam video tersebut, terlihat seorang pemuda dimasukkan ke ambulans lalu disuruh tidur di atas blankar. Menurut perekam video, pemuda tersebut sering kali terjaring operasi karena tidak memakai masker.

Kejadian itu terjadi saat petugas melakukan operasi yustisi di simpang Pasar Manis dan Koramil Ciamis, pada Senin (28/9/2020) kemarin. Operasi yustisi dilakukan oleh tim gabungan di tempat strategis yang menimbulkan masa cukup banyak.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menanggapi baik para petugas di lapangan yang memberikan sanksi sosial kepada masyarakat yang tak pakai masker. Herdiat menekankan kepada para petugas untuk lebih memberikan edukasi kepada masyarakat daripada memberikan sanksi denda.

"Pelanggar masuk ambulans itu termasuk edukasi juga sanksi sosial lainnya, seperti push up, sit up, baca surat-surat pendek dan lainnya. Hal ini perlu dilakukan supaya masyarakat betul-betul sadar dan menaati protokol kesehatan," kata Herdiat, Selasa (29/9/2020).

Selama operasi yustisi ini, Herdiat menyebut ada peningkatan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Meski memang masih saja ditemukan masyarakat yang belum patuh.

"Saat ini angka kasus positif COVID-19 di Ciamis terus mengalami peningkatan. Jadi masyarakat harus betul-betul sadar, COVID-19 ini jangan dianggap main-main. Selalu pakai masker, minimal untuk menjaga diri sendiri," ujarnya.

Simak video 'Alasan Masyarakat Tak Patuh Protokol Kesehatan Versi BPS':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)