Bawaslu Jabar Libatkan Polisi Pantau Kampanye Terbuka

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 10:05 WIB
Ilustrasi Fokus Nasib Pilkada Langsung (Andhika Akbaransyah)
Ilustrasi Pilkada (ilustrator: Andhika Akbaransyah)
Bandung -

Kampanye terbuka Pilkada serentak mulai berlangsung. Selama tahapan kampanye, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat menggandeng pemerintah daerah-kepolisian guna mengawasi proses kampenye.

Ketua Bawaslu Jabar Abdullah mengatakan pelibatan Pemda dan kepolisian ini guna mengawasi proses kampanye. Sebab, di tengah pandemi COVID-19, kampanye harus memperhatikan protokol kesehatan dan tidak mengundang kerumunan massa.

"Aktivitas kampanye di tengah situasi saat ini kan memang harus memahami protokol COVID-19, kami juga sebenarnya tidak bisa melakukan sendiri dalam upaya penindakan tersebut. Harus kerja sama dengan jajaran pemerintah daerah setempat, kepolisian dan kita butuh dukungan itu. Kita minta kerja sama dengan kepolisian untuk membubarkan jika memang ada aktivitas di luar protokol kesehatan," tutur Abdullah saat dihubungi, Senin (28/9/2020).

Ia mengatakan proses kampanye saat ini memang berbeda dari sebelumnya. Aturan pun sudah dituangkan dalam PKPU nomor 13 tahun 2020.

"Saat ini jadi kampanye dalam bentuk lain, misal konser mengumpulkan orang melebihi jumlah, lalu misal ada arak-arakan itu dilarang," kata Abdullah.

Selanjutnya
Halaman
1 2