Pasien Positif COVID-19 Meninggal Dunia di Cimahi Jadi 8 Orang

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 18:04 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Cimahi -

Jumlah warga Kota Cimahi yang meninggal dunia akibat COVID-19 kembali bertambah menjadi delapan orang. Penambahan tersebut berasal dari seorang warga Kelurahan Citeureup yang meninggal positif COVID.

Warga berjenis kelamin laki-laki itu meninggal dunia dengan status probable. Sebelum meninggal yang bersangkutan sempat menjalani perawatan di RSUD Cibabat.

"Ada satu lagi yang meninggal, warga Citeureup. Sebelumnya dia berstatus probable, tapi baru kemarin hasil swab testnya keluar dan ternyata positif COVID-19," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Chanifah Listyarini, Jumat (25/9/2020).

Pihaknya belum mengetahui dari mana yang bersangkutan bisa terpapar COVID-19. Namun saat ini sedang dilakukan tracing kontak erat mengingat pasien tersebut positif COVID-19.

"Kalau paparannya dari mana kita belum tahu, sekarang masih tracing. Hanya saja karena positif, kita langsung tracing juga kontak eratnya," tuturnya.

Kontak erat pasien positif tersebut langsung menjalani swab test dan hasilnya baru diketahui beberapa hari mendatang. "Sudah swab test hari ini, karena kan baru ketahuan positifnya itu kemarin. Jadi langsung tracing dan swab test kontak eratnya," jelasnya.

Meskipun saat meninggal berstatus probable, namun pasien tersebut sudah dimakamkan menggunakan protokol COVID-19 dan di pemakaman khusus COVID-19.

"Tapi sudah dimakamkan dengan protokol karena memang seperti itu ketentuannya. Ternyata setelah itu positif hasilnya," tandasnya.

Tonton juga 'Pentingnya Protokol VDJ untuk Mengurangi Risiko Penularan COVID-19':

[Gambas:Video 20detik]

(mud/mud)