Dongkrak Ekonomi, Sukabumi Gelorakan 'One Village One Product'

Syahdan Alamsyah - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 20:17 WIB
Bupati Sukabumi Marwan Hamam
Bupati Sukabumi Marwan Hamami (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi -

Pemkab Sukabumi tengah berupaya mendongkrak pertumbuhan ekonomi wilayah yang dimulai dari pedesaan. Salah satu gagasan yang paling dekat digelorakan ialah program 'one village one product'.

"Dari desa diharapkan muncul pertumbuhan ekonomi. Makanya, ide gagasan kreatif masyarakat terus didorong, termasuk gagasan one village one product," ucap Bupati Sukabumi Marwan Hamami di sela acara yang berlangsung di Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Rabu (23/9/2020).

Kebijakan yang ia terapkan dikatakan Marwan dengan membangun infrastruktur di pedesaan, tidak hanya jalan namun sarana pendukung lainnya seperti kebutuhan kantor desa misalnya aula desa. "Misalnya di desa ini kita bangun aula, jadi infrastruktur di Kabupaten Sukabumi tidak sekadar jalan. Tapi, semua aspek untuk pembangunan daerah terus didorong. Sehingga, bantuan keuangan pemerintah bisa berkontribusi pada percepatan pembangunan," tutur Marwan.

Ia mengajak kepada seluruh masyarakat agar berperan aktif dalam menjaga dan memelihara infrastruktur yang dibangun dari anggaran pemerintah. "Iya, jangan sampai semua beban tanggungjawab pembangunan dan pemeliharaannya dilimpahkan ke desa. Makanya, masyarakat harus ikut serta memelihara. Gotong royong harus terus digalakkan," ucapnya.

Marwan mengatakan tingkat pembangunan di Kabupaten Sukabumi sudah mencapai 92 persen. Bahkan bisa melebihi target seandainya tak ada penyebaran COVID-19.

"Kalau tidak ada COVID-19, pencapaian pembangunan di Kabupaten Sukabumi bisa lebih dari 100 persen di 2020," kata Marwan.

(sya/bbn)