Angka Sembuh COVID-19 Naik, Kota Cimahi Kembali Zona Orange

Whisnu Pradana - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 13:03 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Cimahi -

Kota Cimahi kembali masuk ke zona orange setelah sebelumnya sempat masuk ke zona merah penyebaran COVID-19 hingga akhirnya terpaksa menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM).

Perubahan zona tersebut didasari oleh banyaknya orang terkonfirmasi positif COVID-19 yang kemudian sembuh hingga akhirnya dinyatakan negatif COVID-19 setelah menjalani serangkaian tes.

"Iya sekarang kita masuk zona orange, sebelumnya kita ada di zona merah. Indikator perubahan zona ini karena banyak yang sembuh," ungkap Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna, Selasa (22/9/2020).

Dua pekan ke belakang penambahan kasus COVID-19 di Kota Cimahi cukup tinggi. Bahkan di pekan pertama September penambahan kasusnya mencapai 37 orang sehingga Kota Cimahi masuk zona merah.

Pekan kedua masih ditemukan 21 kasus, namun angka kesembuhan lebih dominan dimana ada 37 pasien yang sembuh dalam sepekan. Jumlah total kasusnya hingga saat ini mencapai 285 orang, dengan total kesembuhan 231 orang, meninggal 7 orang dan 51 orang yang masih terkonfirmasi positif.

"Jadi karena yang positif banyak terus yang sembuh sedikit akhirnya kita masuk zona merah. Kalau sekarang kan terbalik, yang positif engga terlalu banyak lalu yang sembuh lebih banyak," tuturnya.

Ajay mengatakan jika zona apapun sejatinya harus membuat masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan terutama saat beraktivitas di luar rumah.

"Pandemi ini kan belum berakhir, zona apapun warnanya yang penting itu disiplin menerapkan protokol kesehatan, ikuti anjuran pemerintah," katanya

(mud/mud)