Round-Up

Banjir Bandang Sukabumi, 3 Warga Hilang Sejumlah Mobil Terseret

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 06:38 WIB
Banjir bandang di Kabupaten Sukabumi.
Foto: Istimewa
Sukabumi -

Yosef Arafat, warga Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi dikagetkan dengan suara minta tolong kedua orang tuanya dari arah dapur rumah diiringi suara gemuruh air. Ia terhenyak ketika mengetahui Sungai Cibuntu meluap akibat hujan deras yang terjadi selepas Ashar.

Kedua orang tua Yosef menahan pintu dapur yang diterjang derasnya banjir, Yosef meminta kedua orang tuanya mengevakuasi diri. Tidak lama luapan air masuk ke dalam rumahnya hingga setinggi dada pria dewasa.

"Kejadian sekitar pukul 17.00 WIB, Sungai Cibuntu tiba-tiba meluap. Banyak batang pohon besar ikut terbawa banjir, saat kejadian saya sedang tiduran tiba-tiba orang tua berteriak sambil nahan pintu dapur lalu saya ingatkan berbahaya karena di luar ada tekanan air," kata Yosef Arafat warga setempat melalui sambungan telepon.

Saat itu dia bergegas menyelamatkan kedua orang tuanya yang sempat terjebak genangan air di dapur. Dia juga spontan mematikan aliran listrik.

Menurut Yosef saat ini warga masih melakukan penyisiran di sekitar lokasi. Menurutnya ada sekitar 10 rumah yang terdampak akibat banjir tersebut, mayoritas korban tinggal di dekat bantaran sungai.

"Airnya tiba-tiba membesar begitu saja, belum ke cek semuanya, namun yang tinggal di bantaran sungai kena semua. Saya juga banyak yang tidak terselamatkan barang-barang, banjir seperti ini pernah terjadi tahun 1987 silam," tuturnya.

Informasi yang diperoleh detikcom, selain di Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, banjir juga menerjang perkampungan warga di Kampung Nyangkowek, Desa Mekarsari. Sungai Cicatih yang merupakan aliran utama sungai juga meluap mengakibatkan rumah rusak dan beberapa mobil tergenang hingga terbawa aliran banjir.

"Ini aliran utama Sungai Cicatih, Sungai Cibuntu juga dari sini masih searah. Rumah banyak yang jadi korban bahkan beberapa mobil terendam banjir, ada yang terseret banjir bandang sampai ke jembatan," kata Adhi Sumbogo, warga setempat kepada detikcom, Senin (21/9/2020).

Menurut Adhi, mobil yang terendam diketahui tengah terparkir di lapangan Kelurahan Cicurug. Mobil itu terendam bahkan ada yang terseret hingga ke jembatan. "Mobil yang terbawa di Kampung Nyangkowek Kaler. Kalau situasi keluarga saya Alhamdulillah baik-baik saja," jelas Adhi.

Tiga orang warga menjadi korban banjir bandang di wilayah Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi Senin (21/9/2020). Saat ini ketiga orang korban tersebut masih dalam pencarian personel gabungan Polri, TNI dan Tim SAR.

Simak video 'Detik-detik Banjir Bandang Terjang Permukiman di Cicurug Sukabumi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2