Round-Up

Panik Warga Cianjur Santap Beras Bercampur Plastik

Ismet Selamet - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 08:44 WIB
Beras bansos bercampur plastik di cianjur
Butiran biji plastik (tangan kiri) diperlihatkan warga Cianjur. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)

Ketua RW 7, Salim, khawatir biji plastik yang terlanjur dimakan itu bakal berdampak pada kesehatan warganya. "Saya mah hanya tidak ingin warga sakit karena kejadian ini. Makanya saya coba koordinasi dengan kepala desa untuk cek kesehatan warga saya yang terlanjur makan nasi dari beras bercampur butiran plastik," ucap Salim.

Camat Bojongpicung Ejen Zainal Mutaqin mengatakan pihaknya masih mencari tahu kenapa butiran plastik tersebut bisa bercampur dengan beras BPNT. Ia juga sudah mengecek ke e-waroeng dan berkoordinasi dengan dinas sosial.

"Kami masih cari tahu, kenapa bisa sampai ada butiran plastik. Apalagi tidak hanya satu tapi ada beberapa KPM yang mengalami hal serupa. Kami juga masih data, terkait kemungkinan ada lagi KPM yang dapat beras bercampur butiran plastik," kata dia, Senin (21/9/2020).

Selain itu, pemerintah kecamatan juga bakal mendata KPM yang sudah terlanjur mengolah dan mengkonsumsi beras tersebut. Rencananya pemerintah kecamatan berkoordinasi dengan puskesmas untuk memeriksa kondisi kesehatan warganya.

"Kami sudah komunikasi dengan puskesmas, mereka akan dicek. Baik yang mengeluhkan sakit ataupun tidak. Ini sebagai langkah antisipasi adanya gangguan kesehatan bagi mereka yang terlanjur mengonsumsinya," tutur Zainal.

Halaman

(bbn/bbn)