Gubernur Banten Usul Pilkada Ditunda, Ini Kata KPU

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 18:16 WIB
Ilustrasi gedung KPU dan Pemilu serentak 2019
Logo KPU (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Serang -

Gubernur Banten mengusulkan agar Pilkada 2020 ditunda jika sampai Oktober kasus COVID-19 terus meningkat. Namun, menurut KPU kewenangan penundaan pemilihan kepala daerah ini bukan hanya menjadi tanggung jawab mereka yang memutuskan.

"Soal penundaan ini, kalau saya mau berpendapat ini tidak hanya di tangan KPU saja, ada KPU, pemerintah dan DPR," kata Komisioner KPU Banten Masudi kepada detikcom, Serang, Jumat (18/9/2020).

Jika pun ada salah satu instrumen di atas sepakat ditunda, ini tidak bisa dilakukan kecuali atas persetujuan baik KPU, DPR dan pemerintah. "Jadi kalau mau serempak," ucap dia menambahkan.

Makanya, jika ada daerah yang mengusulkan penundaan, maka pemerintah daerahnya yang juga menjadi gugus tugas pencegahan penyebaran Corona, harus mengambil sikap dan bersuara melakukan usulan ke pemerintah pusat. Termasuk DPRD di daerah yang berkonsolidasi dan mengusulkan ke DPR RI untuk mengajukan penundaan.

"Pemda yang kepala daerahnya menjadi gugus tugas, tanggung jawab dia melakukan pencegahan dan pengendalian mestinya juga harus bersuara," kata Masudi.

Tonton video 'Sufmi Dasco: Membatalkan Pilkada 2020 Bukan Solusi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2