Hotel di Jabar Siap Disulap Jadi Ruang Isolasi Pasien COVID-19

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 14:00 WIB
Poster
Ilustrasi penanganan pasien Corona (Ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat tengah menginventarisir daftar hotel yang direkomendasikan sebagai tempat isolasi mandiri bagi pasien COVID-19. Sebaran hotel tersebut nantinya berada di wilayah Bodebek dan Bandung Raya.

"Jadi begini, kemarin gubernur, pak sekda, gugus tugas dan kementerian telepon, pemerintah pusat sedang mencari tempat isolasi di luar dari rumah sakit yang penuh. Jadi hari ini kita mendata, jumlah hotel yang ada di Botabek, Bogor, Cikampek, Bekasi, termasuk juga dengan Bandung Raya hari ini kita kumpulkan hotel (yang direkomendasikan)," ujar Ketua PHRI Jabar Herman Muchtar saat dihubungi detikcom, Jumat (18/9/2020).

"Kita sedang mendata hotel yang bersedia digunakan untuk isolasi pasien COVID-19," ujar Herman.

Rencananya, ia menyerahkan laporan hotel-hotel yang direkomendasikan dan bersedia untuk menjadi tempat isolasi mandiri bagi pasien COVID-19. "Tadi malam saya berkirim surat ke ketua-ketua DPC, kan baru kemarin malam pemberitahuannya," katanya.

Menurut Herman, upaya pemerintah ini bak gayung bersambut untuk menggeliatkan kembali sektor perhotelan. Selama masa pandemi COVID-19, okupansi hotel di Jawa Barat merosot ke titik nadir.

"Ya sekarang kondisi seperti ini, kondisi rendah 10 persen. Kalau okupansi 10 persen mereka bisa mengambil sikap untuk bisa berpartisipasi di sini, jadi kan satu hotel yang dikontrak, bukan beberapa kamar, tapi satu hotel penuh. Hotel tersebut nantinya tak bisa menerima tamu dari yang lain, hanya yang COVID-19 saja," tutur Herman.

"Fasilitasnya nanti tak hanya kamar, tapi juga makan, cuci dan sebagainya. Itu kan harus dilatih juga layanan begitu," ucap Herman menambahkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2