Pemkab Cianjur Soroti Loker Pabrik Sepatu yang Picu Kerumunan Pelamar

Ismet Selamet - detikNews
Sabtu, 12 Sep 2020 18:54 WIB
Pelamar Kerja di Cianjur
Pelamar kerja sesaki Kantor Pos Cianjur. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)

Polres Cianjur telah memberikan teguran terhadap perusahaan. Sebab pembukaan loker yang hanya tiga hari juga menjadi salah satu faktor pemohon membludak. "Secara lisan sudah ditegur melalui Kasat Intel, tapi kami juga akan berikan teguran tertulis," katanya.

"Seharusnya lowongan itu waktunya lebih panjang, kemudian berkoordinasi dengan pihak terkait supaya bisa melakukan antisipasi lebih awal. Kalau yang sekarang, pembukaannya mendadak, waktu pendaftarannya juga sebentar. Kami harap perusahaan lain tidak seperti ini jika membuka lowongan di tengah pandemi COVID-19," tutur Rifai menambahkan.

Pemkab Cianjur melalui Gugus Tugas menyayangkan adanya pembukaan loker yang malah mengakibatkan penumpukan dan kerumunan pelamar kerja di kantor Disnaker, Kantor Pos, hingga Mapolres dan Mapolsek. Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Cianjur Yusman Faisal bakal mengevaluasi yang nantinya berakhir pada pemberian teguran pada pihak perusahaan.

"Tentu kami menyayangkan penumpukan ini. Di satu sisi kita gencar menyosialisasikan terkait protokol kesehatan, tapi malah terjadi penumpukan di sejumlah layanan. Meskipun dari sistemnya sudah bagus secara online, tapi dampaknya malah ada penumpukan di layanan pemerintahan," ujar Yusman.

Halaman

(bbn/bbn)