Jabar Hari Ini: Pengakuan Nyeleneh Mister Sutarman-Dua Orang Tewas di Cipali

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 11 Sep 2020 20:51 WIB
Pimpinan paguyuban tunggal rahayu mister sutarman
Mister Sutarman (Foto: Hakim Ghani/detikcom)

Ridwan Kamil ke Anies soal PSBB: Mohon Konsultasi dengan Pusat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memikirkan masak-masak terkait penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) skala total. Karena, kata dia, dampaknya tak hanya ke Jawa Barat tapi juga berimplikasi nasional.

"Pak Anies menyampaikan rencananya melakukan PSBB total karena saya dari dulu sudah bilang bahwa yang namanya Bodebek atau Jabodetabek itu satu rumpun dalam penanganan COVD-19. Maka apa yang terjadi di Jakarta harus disinkronkan dengan daerah sekelilingnya," kata pria yang akrab disapa Kang Emil, di Gedung DPRD Jabar, Jumat (11/9/2020).

Ia pun meminta agar Anies mengkonsultasikan penerapan PSBB skala total ke pemerintah pusat. Rekomendasi itu pun, telah ia sampaikan saat menggelar rapat bersama Anies dan kepala daerah di Bodebek pada Kamis (10/9/2020).

"Ya jadi kita menyepakati bahwa urgensi di Jakarta harus didukung oleh Jabar tapi mohon dikonsultasikan dengan pemerintah pusat karena setiap keputusan Jakarta berpengaruh juga bukan hanya regional tapi nasional," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Sikap Pemprov Jabar pun, ujar Kang Emil, masih menunggu kepastian rencana Anies tersebut. Di samping itu, ia menekankan bahwa selama ini pun Jawa Barat tetap melakukan PSBB, namun dengan skala mikro.

"Jadi kalau ditanya apakah PSBB berhenti enggak dari dulu sampai sekarang masih karena kita paham bahwa Bodebek itu hampir 70 persen penyebaran COVID-19 di Jabar, maka semakin tinggi (penyebaran virus Corona), PSBB diteruskan Jakarta disesuaikan dengan rencana dan sisanya melakukan PSBM berskala mikro," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5