Ribuan Pelamar Kerja Ikut Rekruitmen Perusahaan Susi Pudjiastuti

Faizal Amiruddin - detikNews
Kamis, 10 Sep 2020 17:14 WIB
Penampakan ribuan pelamar kerja mendatangi kantor Susi Air di Pangandaran
Penampakan ribuan pelamar kerja mendatangi kantor Susi Air di Pangandaran (Foto: Faizal Amiruddin)
Pangandaran -

Ribuan pencari kerja mendatangi kantor Susi Air di Jalan Merdeka No. 312 Kabupaten Pangandaran. Pencari kerja lulusan SMA/SMK ini berusaha mencari peruntungan untuk menjadi pekerja di perusahaan milik Susi Pudjiastuti. Ribuan pencari kerja itu berdatangan sejak Rabu dan Kamis (9-10/9/2020).

Mereka sengaja datang dari berbagai daerah di tanah air, beberapa diantaranya ada yang sengaja datang dari Surabaya, Jakarta, Tanggerang serta daerah-daerah sekitar Pangandaran seperti Ciamis, Cilacap, Tasik dan Garut.

Pantauan detikcom Kamis petang, pelamar tampak berkerumun di area parkir mesjid agung Pangandaran. Mereka menantikan panggilan untuk menjalani wawancara langsung.

Proses rekruitmen pegawai Susi Grup ini mendapat antusiasme cukup tinggi. Sempat terjadi kemacetan dan kerumunan. Beruntung polisi dan Satpol PP melakukan pengamanan sehingga kemacetan bisa diurai dan kerumunan sedikit terpecah.

Para pelamar kemudian diarahkan ke tanah lapang atau area parkir mesjid agung Pangandaran. Petugas pun terus mengingatkan penerapan protokol kesehatan.

Haikal (20) pelamar asal Kecamatan Cihaurbeuti Ciamis mengaku sengaja datang bersama keluarganya. "Saya melamar bareng dua saudara. Datang sejak jam 7 pagi, berkas sudah dimasukkan sejak pagi sekarang masih menunggu panggilan wawancara," kata Haikal.

Dia mengaku tertarik bekerja di perusahaan milik mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu karena ada salah seorang temannya yang sudah bekerja di perusahaan Susi Grup. "Teman saya itu kerja di Ibu Susi, ditempatkan di Tidore. Kalau lihat postingan Medsos nya, kayaknya enak. Difoto di kapal, perahu berfoto sama Bu Susi. Saya jadi tertarik," kata Haikal.

Rizky salah seorang pelamar asal Surabaya mengaku dia bersama teman-temannya sengaja membooking mobil travel untuk mengikuti seleksi tersebut. "Saya rame-rame dari Surabaya, mudah-mudahan saja ada rejekinya. Ya sekalian main saja ke pantai Pangandaran," kata Rizky.

Sebelumnya Susi Pudjiastuti mengumumkan lowongan pekerjaan di perusahaan miliknya melalui akun Twitter miliknya. Lowongan pekerjaan itu diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK usia 18 sampai 35 tahun.

(mud/mud)