Massa Pendukung Tatu-Pandji Berkerumun Saat Pendaftaran, Ini Kata KPU Serang

Bahtiar Rifai - detikNews
Sabtu, 05 Sep 2020 19:10 WIB
Ketua KPU Kabupaten Serang Abidin Nasyar
Ketua KPU Kabupaten Serang Abidin Nasyar/Foto: Bahtiar Rifai
Serang -

Massa pendukung petahana Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa berkerumun tanpa protokol kesehatan saat pendaftaran di KPU Kabupaten Serang. Massa yang jumlahnya ratusan tersebut membuat arak-arakan tanpa melakukan penjagaan jarak.

Ketua KPU Kabupaten Serang Abidin Nasyar mengatakan KPU sudah mewanti-wanti pengamanan di luar kantor kantor agar dilakukan penjagaan jarak antar pendukung.

"Memang sudah diwanti-wanti tim pengamanan di luar bagaimana sosial distancing. Kita akan evalulasi koordinasi ke keamanan terkait penerapan protokol kesehatan kita sudah beri imbauan surat ke pasangan calon, imbauan di depan kemudian bagaimana jaga jarak," kata Abidin kepada wartawan, Sabtu (5/9/2020).

Pembatasan padahal sudah dilakukan untuk yang masuk di lingkungan kantor. Hanya 100 orang diperbolehkan masuk yaitu untuk partai pendukung, calon, dan sekretaris partai.

Di tempat sama, Kapolres Serang Kota AKBP Yunus Hadith Pranoto menjelaskan pelaksanaan pengamanan protokol kesehatan kerja sama dengan KPU. Kepolisian sudah menekankan agar ada jaga jarak dan pembatasan yang masuk. Pihaknya juga sudah memberi imbauan agar tidak berkerumun.

"Untuk yang massa kami tetap imbau jaga jarak, pakai masker untuk tidak berkerumun," ujarnya.

KPU Kabupaten Serang sendiri menilai berkas pendaftaran pasangan Tatu-Pandji yang diusung PDIP, PKS, Berkarya, PPP, PBB, PKB, Hanura, PAN, NasDem dan Golkar diterima. Setelah ini akan dilakukan pemeriksaan kesehatan pada 8-9 September. Pasangan yang belum mendaftar adalah Nasrul Ulum-Eki Baihaki yang didukung oleh Partai Gerindra dan Demokrat.

(bri/ern)