Pilkada Pangandaran

Susi Pudjiastuti di Deklarasi 'Juara': Kerjanya Nggak Benar, Tenggelamkan!

Faizal Amiruddin - detikNews
Jumat, 04 Sep 2020 20:34 WIB
Susi Pudjiastuti Hadiri Deklarasi Jeje-Ujang
Susi Pudjiastuti menghadiri deklarasi pasangan Jeje Wiradinata-Ujang Endin Indrawan. (Foto: Faizal Amiruddin/detikcom)
Pangandaran -

Sebelum melakukan pendaftaran ke KPU, Jumat (4/9/2020) petang, bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata dan Ujang Endin Indrawan (Juara), menggelar deklarasi dukungan di Alun-Alun Kecamatan Parigi. Ratusan pendukung dari berbagai elemen baik partai politik, relawan dan simpatisan menghadiri acara deklarasi tersebut. Namun ada seorang yang menarik perhatian yakni kehadiran tokoh masyarakat Pangandaran Susi Pudjiastuti.

Dengan mengenakan atasan kuning bercorak, mantan menteri Kelautan dan Perikanan ini menjadi orang pertama yang didaulat memberikan orasi politik setelah seremonial deklarasi selesai. "Saat ini masih pandemi, awas kalau tidak mematuhi protokol kesehatan saya tenggelamkan," ucap Susi.

Selanjutnya Susi mengaku dirinya tak paham politik, yang dia tahu adalah bekerja untuk rakyat. "Saya nggak paham politik, kalau bekerja untuk rakyat saya paham. Kalau kerjanya nggak benar, saya tenggelamkan," kata Susi.

Ia memaparkan jika pasangan Jeje dan Ujang mengusung jargon Juara, maka pasangan ini harus menjabarkan jargon itu dengan sebaik-baiknya. "Namanya juara harus bisa juara bekerja. Bekerja untuk masyarakat Pangandaran. Pak Jeje sama Pak Ujang harus juara "gawe". Orasi politik saya mah begini, nggak bisa saya hidup partai. Susi mah hidup rakyat," tutur Susi.

Dia mengajak masyarakat mendukung pasangaj Juara ini tapi dengan syarat harus bisa bekerja, sayang rakyat dan amanah. "Saya mengingatkan supaya Pak Jeje dan Pak Ujang amanah, saya doakan. Kalau amanah, Allah SWT akan mengabulkan keinginan untuk jadi Bupati lagi. Mimpin rakyat dengan soleh dan semangat. Yang penting nyaah ka rakyat," ujar Susi.

Pada kesempatan itu Susi terlihat membawa tongkat. Dia terlihat mengalami masalah dengan kesehatan kakinya. "Katanya cedera saat sedang surfing," kata Jeje Wiradinata.

Jeje mengatakan dukungan atau wejangan Susi Pudjiastuti menjadi semangat bagi dirinya untuk melanjutkan kepemimpinan. "Sebelum beliau mau hadir ke acara deklarasi, saya harus presentasi dulu mengenai capaian kinerja dan rencana kerja ke depan. Alhamdulillah beliau sepakat dan berkenan hadir," ucap Jeje.

Dia menambahkan Susi Pudjiastuti adalah teman masa kecil atau kakak kelas. "Saya berkawan sudah lama, sejak kecil. Dari dulu kami dekat, tapi untuk urusan prinsip tak mudah. Beliau minta saya paparan dulu dan berkomitmen. Intinya pesan beliau kami harus sayang rakyat itu saja. Lebih dua jam saya meyakinkan beliau, hingga akhirnya mau datang ke acara deklarasi," tutur Sudi menambahkan.

Selain Susi Pudjiastuti, tokoh yang hadir dalam deklarasi pasangan Juara adalah Eka Santosa salah seorang tokoh pemekaran Pangandaran, mantan Bupati Ciamis Engkon Komara, tokoh-tokoh partai politik pengusung dan lainnya.

(bbn/bbn)