Indonesia Diambang Resesi, Walkot Oded Minta Warga Tenang

Wisma Putra - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 20:00 WIB
Wali kota bandung oded m danial
Foto: Wali Kota Bandung Oded M Danial (Siti Fatimah/detikcom).
Bandung -

Indonesia berada diambang resesi. Demikian yang diungkapkan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM Mahfud MD beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Bandung Oded M Danial meminta masyarakat tenang. Karena menurutnya saat ini berbagai langkah tengah dilakukan agar perekonomian bisa kembali pulih.

"Kita selalu menyampaikan pesan penting, menghadapi kehidupan apapun termasuk resesi, masyarakat harus tenang. Jangan sampai ada panik, kan sekarang begitu mendengar ada resesi (panik), enggak usah panik, tenang saja," ucap Oded, Rabu (2/9/2020).

Menurut Oded, baik masyarakat atau pemerintah harus bersama-sama berupaya dan menghasilkan solusi agar terhindar dari jurang resesi. Salah satunya dengan ketahanan pangan.

"Kita harus berupaya, menghadirkan ikhtiar-iktiar optimal menghadapi resesi ini, salah satunya ketika kita berupaya terus ada atau tidak ada resesi kita harus menghadirkan ketahanan pangan. Insya Allah ini akan menjadi sebuah solusi buat kita," ungkapnya.

Pemkot Bandung juga akan berupaya untuk mencari solusi untuk memperbaiki perekonomian. Pasalnya resesi ini terjadi dalam situasi pandemi COVID-19.

"Pemerintah Kota Bandung juga akan berupaya, akan menghadirkan penguatan ekonomi karena di tengah pandemi COVID-19 ini terpenting seninya adalah pemerintah baik daerah atau pusat bagaimana seninya itu menyeimbangkan ekonomi itu," ucapnya.

Dia juga mengajak masyarakat untuk saling membantu. Salah satunya dengan membeli produk UMKM dan lainnya.

"Masyarakat, untuk saling memperkokoh di antara kita itu penting. Ketika pasar uang bisa berputar di sekitar kita, itu bisa lebih efektif," ucapnya.

Tak hanya itu, perusahaan daerah juga harus turut menjaga perputaran uang di level daerah.

"Dimulai perusahaan daerah, perusahaan daerah di Kota Bandung ada lima, PD Pasar misalnya harus bekerjasama dengan PT BPR. Termasuk PT BII bekerjasama dengan PDAM, sehingga semua proyeknya ada di kita ini akan menguatkan kita," ujarnya.

(wip/mso)