Keren! Bayar Parkir di Jalan Pagongan Cirebon Bisa Non Tunai

Sudirman Wamad - detikNews
Kamis, 27 Agu 2020 23:28 WIB
Bayar parkir di Cirebon kini bisa non tunai
Bayar parkir di Cirebon kini bisa non tunai (Foto: Sudirman Wamad)
Cirebon -

Bayar parkir di Kota Cirebon, Jawa Barat, kini sudah menerapkan pembayaran non tunai menggunakan QRIS (QR Code Indonesia Indonesian Standard). Penerapan bayar parkir non tunai itu baru diterapkan di satu jalan, yakni Jalan Pagongan Kota Cirebon, Jawa Barat.

Juru parkir yang bisa menerima pembayaran non tunai mengenakan stelan khusus. Mereka berompi hitam-biru dan berkalung kode QRIS. Di beberapa titik terpasang papan pemberitahuan tentang tata cara pembayaran non tunai.

"Kalau mau bayar pakai non tunai bisa, tinggal scan barcode saja," kata Dadi, salah seorang juru parkir di Jalan Pagongan Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis (27/8/2020).

Dadi mengatakan pembayaran parkir non tunai baru diterapkan beberapa hari lalu. Sehingga, lanjut Dadi, tak sedikit masyarakat yang masih membayar dengan uang tunai.

"Paling sehari sekitar lima orang yang sudah menggunakan QRIS," kata Dadi.

Dadi mengungkapkan pembayaran non tunai lebih praktis ketimbang tunai. Kendati demikian, Dadi tak menampik pembayaran non tunai lebih memakan waktu. "Prosesnya ada semenit. Terus kalau ada motor yang lain keluar, ini rada sulit. Ya sangat membantu juga adanya ini," kata Dadi.

Sementara itu, Kepala KPw Bank Indonesia (BI) Cirebon Bakti Artanta mengatakan kebijakan pembayaran non tunai Itu merupakan hasil kerja sama pihaknya dengan Dishub dan BJB Cirebon. Ia mengatakan Jalan Pagongan Kota Cirebon menjadi pilot projects untuk mengubah mindset masyarakat, termasuk juru parkir tentang pengunaan QRIS.

"Sehingga opportunity yang kita ambil dan diharapkan nanti penerapannya lebih cepat. Minimal lingkungan sekitarnya tumbuh dan benar-benar bisa terlaksana pembayaran parkir non tunai," kata Bakti.

Bakti menjelaskan penerapan pembayaran parkir non tunai ini akan terus dievaluasi setiap pekannya."Ke depan kita bisa terapkan untuk pembayaran uji KIR. Dengan non tunai ini tentunya transparan dan diharapkan semuanya bisa tercatat dengan baik. Pendapatan Pemkot Cirebon bisa meningkat," ucapnya.

(mud/mud)