Viral Video Kakek di Kuningan Sebut Corona Berasal dari Kalongwewe

Bima Bagaskara - detikNews
Sabtu, 15 Agu 2020 10:54 WIB
Heboh Kakek di Kuningan soal Corona
Kakek di Kuningan ini menyebut virus Corona berasal dari kalongwewe. (Foto: Tangkapan layar akun Instagram @artgram)
Kuningan -

Video seorang kakek yang mengaku dapat membasmi virus Corona atau COVID-19 ramai diperbincangkan di media sosial. Video tersebut viral setelah diunggah oleh akun Instagram @artgram pada Jumat, 14 Agustus 2020.

Dalam unggahannya, terdapat enam slide video seorang kakek berbicara mengenai cara menyembuhkan seseorang yang terpapar Corona hingga dari mana virus tersebut berasal. "Corona itu awalnya karena codot (kelelawar) ditembak, ular dibunuh. Codot punya ratu, namanya kalongwewe. Dia makhluk siluman. Dia sakti, akhirnya nyemburin virus," ucap kakek dalam salah satu video itu.

Kakek tersebut juga mengaku bisa membasmi virus Corona menggunakan kedondong. "Obat Corona buah kedondong. Caranya, jangan dikupas, lima biji ditumbuk sampai halus. Mau makannya harus baca dua kalimat syahadat, mau agama apa pun harus baca dua kalimat syahadat," kata sang kakek.

Saat ditelusuri detikcom, Sabtu (15/8/2020), rupanya kakek tersebut bernama Ero Juhro (48) atau lebih dikenal dengan Abah Uwo. Ia warga Kabupaten Kuningan, tepatnya di Desa Lengkong, Kecamatan Garawangi.

Menurutnya, video tersebut pertama kali diunggah di saluran YouTube pribadinya bernama Pak Ero pada lima bulan lalu. "Iya, benar, di video itu saya sendiri yang bicara, direkam oleh anak saya," ucap Abah Uwo saat ditemui detikcom di rumahnya.

Tonton juga 'Kementan Jelaskan Asal Mula Kalung 'Anti-Corona'':

[Gambas:Video 20detik]

(bbn/bbn)