Bandung Raya Diguyur Hujan di Tengah Musim Kemarau, Ini Kata BMKG

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 10:14 WIB
Ilustrasi hujan lebat
Ilustrasi (Foto: iStock/Willowpix).
Cimahi -

Selama tiga hari berturut-turut wilayah Bandung Raya seperti Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat diguyur hujan deras disertai angin kencang, bahkan sempat terjadi fenomena hujan es. Padahal saat ini masih masuk dalam musim kemarau.

Hujan di beberapa wilayah Bandung Raya tersebut terjadi pada siang hari dan sore hari. Namun cuaca mulai mendung sejak pagi hari. Sementara pada malam hari angin berhembus kencang.

Menurut Kepala Seksi Data dan Informasi (Datin) BMKG Kelas I Bogor Hadi Saputra hal tersebut lantaran terjadinya pertemuan angin atau daerah konvergen di atas Jawa Barat.

"Kebetulan di atas Jawa Barat menjadi daerah konvergen atau tempat bertemunya angin. Makanya awan-awan konvektif tumbuh di atasnya yang menyebabkan hujan lebat dalam waktu singkat disertai angin kencang dan bisa terjadi hujan es," ungkap Hadi kepada detikcom, Jumat (14/8/2020).

Kondisi hujan disertai angin kencan bahkan potensi hujan es tersebut diprediksi bakal terjadi lagi dua hari ke depan. "Dua hari ke depan masih ada potensinya, jadi diharapkan untuk tetap berhati-hati saat beraktivitas," katanya.

Menurut Hadi saat ini sudah memasuki musim kemarau. Namun hujan di musim kemarau merupakan kondisi yang normal mengingat tahun ini sifatnya sebagian besar normal.

"Sudah masuk kemarau kira-kira sampai Oktober. Hujan di musim kemarau itu normal beda dengan tahun 2019 yang dibawah normal. Jadi kemarau bukan berarti tidak ada hujan, hujan tetap ada tapi kering yang jadi dominan," jelasnya.

Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur sebagian wilayah Bandung Raya beberapa hari belakangan sampai menyebabkan banjir dan kejadian pohon tumbang.

Tonton video 'Sebulan Lebih Tak Turun Hujan, Puluhan Hektare Sawah di Subang Kering!':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)