Melonjak! Kasus Positif COVID-19 di Sumedang Bertambah 14 Orang

Muhamad Rizal - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 21:20 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Sumedang -

Kabupaten Sumedang mengalami lonjakan pasien positif COVID-19 sebanyak 14 kasus dalam sehari. Penambahan ini terbanyak yang pernah dicatat oleh Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Sumedang selama pandemi Corona.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri mengatakan dari 14 orang itu, 11 orang di antaranya merupakan tenaga kesehatan (nakes) di RSUD Sumedang.

"Dari 14 orang itu, 11 di antaranya tenaga kesehatan (nakes) di RSUD Sumedang, tiga orang merupakan dokter, enam orang perawat, satu orang tenaga dari farmasi, satu orang tenaga administrasi. Sementara 3 orang lainnya merupakan hasil pelacakan masif," kata Iwa saat ditemui di kantornya, Diskominfo Kabupaten Sumedang, Kamis (13/8/2020).

Ia menuturkan untuk yang tiga orang lagi, merupakan warga Kecamatan Wado dan Kecamatan Cibugel, sehingga total penambahan kasus positif COVID-19 di Kabupaten Sumedang pada hari ini ada 14 orang yang terkonfirmasi positif.

Ketiga pasien tersebut diketahui positif COVID-19 dari hasil swab test masal yang dilakukan pada 7 Agustus 2020 lalu dan sedangkan 11 orang karyawan RSUD merupakan hasil screening.

"Jadi, penambahan kasus positif COVID-19 di Kabupaten Sumedang hari ini ada 14 orang. Hasilnya baru keluar tadi dari hasil screening dan swab test masif," katanya.

Menurutnya, penambahan kasus sebanyak 14 orang dalam sehari ini bisa dikatakan rekor, karena jumlah penambahannya paling banyak selama pandemi COVID-19 ini.

"Hari ini jumlah yang terpapar COVID-19 di Kabupaten Sumedang, menjadi yang terbesar selama pandemi," ujar Iwa.

Maka dari itu, pihaknya saat ini sedang melakukan tracing kontak erat dari semua pasien yang terpapar virus Corona tersebut dan nantinya semua kontak erat itu akan dilakukan swab test agar dapat diketahui secara pasti siapa saja yang terpapapar positf COVID-19.

Sebelum ada penambahan kasus baru positif COVID-19, di Sumedang hanya terdapat 16 orang yang terkonfirmasi positif, namun dengan adanya penambahan kasus baru lagi sebanyak 14 orang, maka saat ini total pasien positif di Kabupaten Sumedang mencapai 30 orang.

Iwa menjelaskan, hingga saat ini total kasus positif COVID-19 di Kabupaten Sumedang mencapai 54 orang.

(mud/mud)