Hujan Deras, Sejumlah Ruas Jalan di Lembang Disergap Banjir

Whisnu Pradana - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 14:48 WIB
Banjir di Lembang
Banjir di kawasan Lembang. (Foto: istimewa)
Bandung Barat -

Hujan deras yang mengguyur Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (13/8/2020) siang, mengakibatkan genangan air dengan arus cukup kencang di depan Pasar Panorama, Jalan Panorama. Air hitam itu meluber ke jalan dari saluran drainase yang tak mampu menampung debit air dan curah hujan tinggi dengan durasi cukup lama, sekitar satu jam.

Babinsa Desa Lembang Peltu Budiyono mengatakan banjir tersebut terjadi karena saluran drainase di depan Pasar Panorama terlalu kecil. Selain itu diperparah dengan tersumbat sampah.

"Banjirnya itu karena drainase tersumbat sampah, dan memang ukurannya kurang ideal. Tinggi banjirnya sekitar 50 sentimeter, akhirnya menghambat lalu lintas juga," ujar Budiyono.

Air banjir tersebut mengeluarkan bau tak sedap karena bercampur dengan limbah dari pasar. "Banjir ini menimbulkan bau tak sedap juga. Beruntung sudah reda, kalau tidak lalu lintas bisa macet total," ucap Budiyono.

Selain di Panorama, banjir juga terjadi ruas Jalan Maribaya, Desa Kayuambon, Kecamatan Lembang, KBB. Penyebabnya sama, yakni akibat drainase yang tidak berfungsi dengan baik.

"Banjir juga, tapi enggak terlalu parah, paling hanya 20 centimeter. Memang kalau di Jalan Maribaya ini drainasenya sangat buruk, bahkan terhalang rumput dan bebatuan jadi tidak bisa menampung air," kata Eko Setiono, warga setempat.

Selain itu, warga juga mengkhawatirkan adanya kejadian pohon tumbang jika hujan deras menerjang. Sebab di sepanjang Jalan Maribaya, berderet pepohonan tinggi dengan dahan menaungi jalan.

"Khawatir ada pohon tumbang juga, sudah ada beberapa kejadian. Bahkan sempat setahun lalu pohonnya menimpa mobil, tapi tidak ada korban jiwa. Warga sempat minta ada penebangan, tapi belum ditindaklanjuti," ucap Eko.

(bbn/bbn)