Round-Up

Heboh Portal Berbayar 'Tol Dago' Bandung

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 08:10 WIB
Portal berbayar Jalan Tol Dago di Bandung hanya berlaku untuk mobil
Portal perumahan berbayar di Bandung (Foto: Wisma Putra)

Selain itu, pengguna jalan juga bisa menghemat waktu perjalanan dengan melintas di jalan tersebut. "Kalau muter jauh, jadi banyak yang melintas ke sini kalau akhir pekan," tuturnya.

Menurutnya, hasil tarif tersebut digunakan untuk perbaikan jalan. "Buat perbaikan jalan, inikan bukan jalan umum," ucap Taryana.

Atas informasi viral ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung sudah meninjau ke lokasi untuk memastikan informasi tersebut.

"Anggota saya sudah ke lapangan, sudah ngecek memang (ada) temuan (itu) di lapangan, motor tidak dipungut, mobil (yang dipungut)," kata Kabid Manajemen Transportasi dan Parkir Dishub Kota Bandung Rizal Khoirul.

"Mobil juga yang lebih dari grace period, yang di bawah grace period nggak," ujar Rizal.

Ia menyebut belum ada izin yang pas untuk portal berbayar itu. Pengelola, baru mengantongi izin kawasan parkir.

"Setahu kami izin dari DTMPST masih kawasan tertentu yang ada di dalam perumahan itu, kaya yang ada ruang pertemuan, sekolah dan beberapa spot lokasi (parkir) tapi faktanya mereka melakukan (pungutan) yang mau lewat mengambil jalan pintas dipungut kalau lebih dari grace period karena alasan dari pihak pengembang membatasi kendaraan yang bertonase bisa berakibat merusak jalan," tutur Rizal.

Dishub Kota Bandung akan memanggil pengelola untuk menyelesaikan permasalahan ini."Ini kita akan coba panggil lagi mereka (pengelola)," tuturnya.

Sekda Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan keberadaan portal berbayar itu harus sesuai aturan. "Yang jelas, tindakan-tindakan yang melakukan pungutan yang memberatkan warga masyarakat atau menimbulkan dampak kepada masyarakat tentunya itu harus sesuai regulasi yang ada," kata Ema di Balai Kota Bandung, Rabu (12/8/2020).

Menurutnya, keberadaan portal berbayar itu harus memiliki izin dari pemerintah."Nanti mereka berlindung dibalik regulasi apa? Karena jalan itu jalan umum atau bukan. (kalau) Jalan perumahan kan sekarang ada Perda, Pasos dan Pasum mutlak dan wajib diserahkan kepada pemerintah," ujar Ema.

Halaman

(wip/bbn)