Kasus Positif COVID-19 di Cirebon Bertambah 6, Tiga di Antaranya Nakes

Sudirman Wawad - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 16:17 WIB
Ilustrasi pasien di rumah sakit
Ilustrasi COVID-19 (Foto: iStock).
Cirebon -

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kabupaten Cirebon mengumumkan penambahan enam pasien positif anyar. Dengan adanya kasus itu, total pasien positif COVID-19 di Cirebon mencapai 106 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon Eny Suhaeni mengatakan dari enam pasien anyar yang positif itu, tiga di antaranya merupakan tenaga kesehatan (nakes). "Tiga nakes, tiga lainnya bukan. Satu di antaranya melakukan perjalanan dari Tangerang," kata Eny kepada awak media di Universitas Gunung Jati (UGJ) Cirebon, Kota Cirebon, Jawa Barat, Rabu (12/8/2020).

Eny menerangkan dari tiga nakes yang terpapar itu, salah seorangnya merupakan bidan yang bertugas di RSUD Arjawinangun. Dua lainnya nakes yang bertugas di RSUD Gunung Jati Kota Cirebon.

"Jadi total pasien positif COVID-19 di Cirebon mencapai 106 kasus," kata Eny.

Eny menambahkan dari 106 pasien positif COVID-19 itu, 15 di antaranya merupakan nakes. Termasuk tiga nakes yang terkonfirmasi positif hari ini.

"Kalau standar APD saya kira cukup. Kemungkinan soal protokol kesehatan. Kan sekarang banyak yang tanpa gejala, ada pasien yang konsultasi dan lainnya. Apakah dari situ atau bagaimana. Selama ini kami sudah terapkan standar APD dan protokol kesehatan," kata Eny.

Sekadar diketahui, dari 106 pasien yang positif, 58 di antaranya masih menjalani perawatan dan isolasi mandiri. Sebanyak 42 pasien berhasil sembuh, dan enam orang meninggal dunia.

(mso/mso)