Wisata Alam Tak Ganggu Perkembangbiakan Elang Jawa di Gunung Ciremai

Bima Bagaskara - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 07:15 WIB
Anak elang jawa yang ditemukan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Elang jawa kerap diidentikkan dengan burung garuda
Ilustrasi anak elang jawa. (Foto: Dok. TNGGP)
Kuningan -

Satwa di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai dikabarkan dalam kondisi sehat. Kabar itu didapat dari hasil pemantauan melalui kamera pengawas yang dipasang pihak Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) di beberapa titik.

Di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai terdapat beberapa satwa yang dilindungi di antaranya elang jawa serta macan tutul jawa. "Kalau hasil pemantauan baik-baik saja kondisinya. Satwa yang utama itu ada macan tutul dan elang jawa," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai Kuswandono kepada detikcom Senin (10/8/2020).

Berdasarkan hasil pemantauan, menurut Kuswandono, proses perkembangbiakan elang jawa berjalan baik. Kondisi tersebut menandakan habitat burung bernama ilmiah nisaetus bartelsi itu tidak terganggu.

"Kalau elang jawa dari beberapa pasangan yang dipantau perkembangbiakannya berjalan baik. Jadi ini sebagai indikator bahwa perkembangbiakannya tidak terganggu dengan aktivitas wisata alam maupun masyarakat sekitar," ujar Kuswandono.

Tonton video 'Harimau Sumatra Lahir di Kebun Binatang Polandia':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2