Cari Dana Agustusan, Pemuda Bandung Dilarang Minta-minta di Jalan

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Minggu, 09 Agu 2020 13:29 WIB
Petugas PPSU Kelurahan Cakung Timut menghiasi dinding dengan gambar di Jalan Pangeran Komarudin, Cakung, Jakarta Timur, Rabu (5/8/2020). Menjelang kemerdekaan Agustusan PPSU menghiasi dinding kota dengan gambar tema kemerdekaan guna memperindah kota.
Ilustrasi (Foto: Agung Pambudhy)
Bandung -

Karang Taruna Kota Bandung mengingatkan agar pemuda di tiap wilayah tak meminta dana di pinggir jalan untuk kegiatan Agustusan. Untuk mencari dana bagi sumbangan sembako, pemuda diminta menggali hal lain yang lebih kreatif.

"Kita juga imbau Karang Taruna tidak melaksanakan nongkrong di pinggir jalan (minta-minta), banyak cara yang baik-baik," ujar Ketua Karang Taruna Kota Bandung Andri Gunawan kepada detikcom, Minggu (9/8/2020).

Andri mengatakan ada cara lain yang bisa digunakan pemuda atau Karang Taruna di kewilayahan untuk mendapat sumbangan Agustusan. Salah satunya dengan mengetuk rumah warga yang dinilai memiliki ekonomi mampu.

"Di lingkungan itu ada warganya yang berlebih diketuk saja rumahnya, hatinya, sampaikan ada yang kurang mampu agar Karang Taruna menjadi jembatan yang mampu dan yang tidak mampu," kata dia.

Selain itu, Andri juga mencontohkan di salah satu kelurahan di Bandung. Karang Taruna di Kelurahan Sukawarna misalnya, Andri mengatakan Karang Taruna berinisiatif mengumpulkan baju atau barang bekas yang kemudian dijual dan uangnya dibelikan sembako untuk membantu warga kesulitan ekonomi akibat Pandemi COVID-19.

"Ada juga yang membersihkan jalan, kemudian mendapat sumbangan dari warga dan hasilnya dibelikan sembako juga untuk dibagikan kepada warga, jadi jangan meminta-minta," tuturnya.

Tonton video 'Masyarakat Diminta Berdiri Tegak Pada 17 Agustus Pukul 10.17 WIB':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mud)