Berjualan di Trotoar, 50 Penjual Hewan Kurban di Bandung Ditertibkan

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 11:46 WIB
Petugas temukan hewan kurban sakit dan tak layak jual di Bandung
Petugas memeriksa kesehatan hewan kurban di Bandung (Foto: Siti Fatimah/detikcom).
Bandung -

Satpol PP Kota Bandung menertibkan puluhan lapak penjual hewan kurban yang menjajakan barang dagangannya di atas trotoar. Mereka ditertibkan lantaran mengganggu ketertiban dan juga kebersihan.

"Banyak yang melanggar aturan, setiap hari kita sisir dari mulai Jalan AH Nasution, Jalan Soekarno Hatta hingga Jalan Cibereum perbatasan Bandung-Cimahi dan sampai ke Kecamatan Bandung Kulon," kata Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantribum) Satpol PP Kota Bandung Taspen, di Balai Kota Bandung, Kamis (30/7/2020).

Dia menyebut, pihaknya sudah melakukan penertiban terhadap puluhan penjual hewan kurban yang nekat berjualan di atas trotoar. "Marak sekali, kalau bicara data lebih dari 50 lapak kita tertibkan," ujarnya.

Selain merusak estetika kota, keberadaan penjual hewan kurban di atas trotoar merusak kebersihan juga. Pasalnya, tak jarang kotoran dari hewan kurban tersebut berserakan ke jalan.

"Yang terjadi di lapangan mereka berjualan di trotoar, saya sangat prihatin sekali, sampai kotorannya berserakan," ungkapnya.

Dia menyatakan langsung memberi sanksi kepada para pelanggar. Para pelanggar diminta membersihkan trotoar dari kotoran hewan.

"Akhirnya kita beri sanksi sosial, suruh bersih-bersih dan kami suri semprot kotoran hewan tersebut," ujarnya.

Taspen menjelaskan, bila mana ada yang melanggar lagi, maka akan ditindak tegas dengan diberikan denda.

"Sampai hari ini saya sampaikan ke anggota apabila yang kemarin diimbau berjualan lagi di trotoar langsung berikan denda, karena kita punya denda tertib trotoar, tertib PKL. Denda sesuai Perda No 9 Tahun 2019 tentang Trantibum dan Kamtibmas Rp 250 atau denda paksa Rp 1 juta," ujarnya.

Tonton video 'Tahapan Penyembelihan & Penyaluran Hewan Kurban di Masa Pandemi Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/mso)