Kantor Jadi Klaster, Menaker Minta Perusahaan Siapkan Petugas Khusus Corona

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Rabu, 29 Jul 2020 16:18 WIB
Menaker Ida
Foto: Luthfiana Awaluddin
Karawang -

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengimbau seluruh perkantoran dan pabrik untuk menyiagakan petugas khusus COVID-19. Sebab di beberapa daerah saat ini, tempat kerja atau kantor sudah mejadi salah satu penularan Corona dngan tingkat risiko tinggi.

"Saya imbau disiapkan petugas khusus di kantor-kantor atau industri. Mereka fokus bekerja mencegah COVID-19. Mereka harus punya keterampilan khusus," kata Ida usai penyuluhan K3 perkantoran dan kawasan industri di Graha Karawang International Industrial City (KIIC), Rabu (29/7/2020).

Ida menuturkan, petugas khusus ini fokus mengurusi pencegahan penularan Corona di tempat kerja. Misalnya, menyemprotkan cairan disinfektan, membersihkan meja kerja hingga berbagai pencegahan Corona lainnya.

"Petugasnya akan mendapat pelatihan dari Direktorat K3. Sebab mereka harus punya keterampilan khusus saat bertugas. Sebab pencegahan Corona tidak bisa sembarangan," ujar Ida.

Ida menuturkan, petugas khusus ini sudah diperlukan lantaran pemerintah tak ingin timbul klaster baru di lingkungan kerja. Ida mencontohkan di Jakarta, terdapat 68 kantor yang jadi klaster. Sebanyak 440 pekerja di kantor itu dinyatakan positif virus Corona COVID-19 dan diisolasi.

"Jangan sampai bertambah kantor jadi klaster. Harus dicegah," ujarnya.

Berangkat dari hal itu, kata Ida kantor atau pabrik selaiknya menyiagakan perugas khusus. "Supaya tempat kerja tetap bersih dan bebas virus," kata dia.

(ern/ern)