Bocah Cianjur Cari Ibunya ke Banyuwangi, Ini Kata Keluarga

Ismet Selamet - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 19:26 WIB
Bocah cianjur cari ibu di banyuwangi
Dian (kiri) ditemukan Anggota Polantas Polres Lamongan Aipda Purnomo (Foto: Istimewa).
Cianjur -

Bocah 14 tahun asal Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat nekat melakukan perjalanan ke Banyuwangi, Jawa Timur, untuk mencari keberadaan ibunya. Anak yang bernama Dian itu pergi berbekal uang Rp 300 ribu, dari hasil menjual ponsel milik almarhum ayahnya.

Kepergian bocah itu untuk mencari ibunya dibantah pihak keluarga. Menurut keluarganya ibu dari bocah tersebut berada di Kabupaten Bandung Barat bukan di Lamongan, Jawa Timur.

"Tidak benar kang, sebenarnya bukan begitu. Dian bukan pergi mencari ibunya, sebab ibunya ada di Cipeundeuy Bandung Barat. Dia (Dian) memang sering begitu, yang terakhir ini memang dua tahun dia pergi dari rumah," kata Jujun Junaedi (43) paman Dian, Kamis (16/7/2020).

Jujun menjelaskan, beberapa tahun terakhir Dian memang kerap keluar rumah dan bermain dengan anak punk untuk bepergian ke banyak daerah.

Tiga tahun lalu, anak ketiga dari empat bersaudara tersebut juga ditemukan di Bekasi dan Bandung. Kemudian Dian diantarkan petugas kepolisian ke rumahnya.

"Pernah ditemukan di Bekasi, di Bandung. Bahkan sempat juga ke Bali. Ya gitu naik truk sama teman-teman tongkrongannya," ucap dia.

Kemudian, dua tahun lalu Dian kembali pergi dari rumah tanpa pamit. Ibunya pun sempat mencari Dian, mulai dari tempat tongkrongan, rumah temannya, namun tak pernah ketemu.

"Memang dua tahun dia tidak di rumah, tapi sebenarnya ibunya yang nyari Dian, bukan Dian yang mencari. Ibunya ada di Bandung Barat kerja di dekat TPA. Neneknya di Ramasari Kecamatan Haurwangi," tuturnya.

"Dia juga berangkatnya dari rumah ibunya, jadi mana mungkin mencari ibunya," kata dia menambahkan.

Menurutnya, keluarga sudah mendatangi rumah ibunya agar datang ke rumah neneknya di Ramasari. Rencananya sang ibu berangkat untuk menjemput Dian di Lamongan.

"Informasinya akan berangkat ke Lamongan. Tapi masih menunggu ibunya pulang ke sini (Ramasari)," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Bocah 14 tahun asal Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat nekat melakukan perjalanan ke Banyuwangi, Jawa Timur, untuk mencari keberadaan ibunya. Anak yang bernama Dian itu pergi hanya berbekal uang Rp 300 ribu, dari hasil menjual ponsel milik almarhum ayahnya.

Selama empat hari perjalanan, usaha Dian untuk menemui ibunya, yang kini tinggal bersama ayah tirinya tak membuahkan hasil. Ongkos perjalanan yang ia miliki habis, hingga akhirnya ia ditemukan tengah berjalan kaki oleh salah seorang pengurus pondok pesantren di pinggir jalan di Kabupaten Lamongan pada Rabu (15/7) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB.

(mso/mso)