Warga Tak Bermasker Didenda Rp 150 Ribu, Satpol PP Bandung Tunggu Regulasi

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 15:06 WIB
Poster
Ilustrasi pendemi Corona (ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung tengah menunggu regulasi terkait pemberlakuan denda bagi warga tak bermasker. Regulasi sebagai dasar melakukan tindakan di lapangan.

"Kalau kita ikuti regulasinya saja nanti. Kalau sudah ada regulasinya seperti apa, kemudian penerapannya seperti apa. Intinya kita Satpol PP Kota Bandung akan melakukan peraturan yang sudah dibuat gubernur, tinggal diturunkan ke tingkat kota" ucap Kepala Satpol PP Kota Bandung Rasdian Setiadi saat dihubungi, Selasa (14/7/2020).

Rasdian mengatakan bila nantinya sudah ada regulasi yang jelas terkait penerapan denda ini, petugas akan berpatroli keliling Kota Bandung. Bila menemukan warga tak bermasker, tindakan akan dilakukan sesuai regulasi yang berlaku.

"Ya kemungkinan itu sistemnya nanti patroli bersama, di tempat-tempat fasilitas publik itu, kan tentu saja ada tahapannya siapa aja di situ," katanya.

"Intinya Satpol PP menunggu regulasinya seperti apa, lalu kita aplikasikan di lapangan sesuai regulasi yang dibuat gugus provinsi," kata dia menambahkan.

Selama ini, sambung Rasdian, berdasarkan patroli yang dilakukan Satpol PP Bandung, memang masih banyak warga yang tak menggunakan masker. Seperti di pasar hingga mal.

"Ya masih banyak, kita kan ada kegiatan pemantauan pasar, ada 40 pasar yang dikelola oleh pemda, maupun di kewilayahan. Kita juga melakukan sosialisasi, masih banyak ditemukan masyarakat tak bermasker. Kemudian tempat-tempat keramaian, seperti mal, ada yang tidak bermasker," ujar Rasdian.

Pemprov Jabar akan memberlakukan penggunaan denda bagi masyarakat yang tak menggunakan masker. Denda senilai Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu ini rencananya diberlakukan pada 27 Juli 2020.

"Kami akan melakukan pendisiplinan. Proses edukasi, teguran sudah dilakukan. Tahap ketiga disiplin dengan denda. Dari (Rp) 100 -150 ribu kepada mereka yang tidak menggunakan masker di tempat umum," ucap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai melakukan rapat koordinasi di Makodam III Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Senin (13/7).

(dir/bbn)