PSBM Hegarmanah Bandung Berlaku Mulai Besok

Siti Fatimah - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 20:58 WIB
Secapa AD
Secapa AD (Foto: Secapa AD (ist)
Bandung -

Ketua Harian Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) di Kelurahan Hegarmanah Kecamatan Cidadap Kota Bandung mulai berlaku esok hari, Selasa (14/7/2020).

"Rencananya mulai besok sampai 14 hari ke depan. Dihitungnya mulai dari besok," kata Ema di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana Jawa Barat, sore tadi, Senin (13/7/2020).

Dia mengatakan pembatasan yang dilakukan di Hegarmanah tidak memblokir seluruh kecamatan melainkan beberapa radius dari Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD).

"PSBM nya kita blocking-nya tidak blocking sewilayah kecamatan. Setelah kita sepakat dengan para tokoh masyarakat disana ada pak RT, RW, kalo Lurah Camat otomatis kan dengan Kepolisian," ujarnya.

Kemudian, ada beberapa wilayah perbatasan yang masuk dalam PSBM. Dia mengatakan, selama PSBM akan diberlakukan cek poin serta penutupan jalan.

"Meliputi seluruh wilayah kelurahan yang ada berbatasan dengan Ledeng, Hegarmanah RW 06, 08, 09. Kemudian di Ciumbuleuit itu nanti ada cek point, tenda untuk petugas, mereka operasional 24 jam," kata Ema.

Lebih lanjut, pemberlakuan jam malam dengan batas penutupan jalan dimulai pukul 21.00 WIB sampai pukul 05.00 WIB. "Jadi nanti masyarakat bisa menyesuaikan. Perwalnya baru hari ini, artinya besok sudah bisa diberlakukan 14 hari," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kecamatan Cidadap Hilda Hendrawan menuturkan, selama PSBM akan diiringi dengan pelacakan kepada masyarakat. Pada Senin, (13/7) telah dilaksanakan swab test terhadap 21 orang. Selain itu ada juga, 450 rapid test siap menyusul.

Hilda memastikan, pelayanan di kantor kecamatan ataupun kelurahan tetap beroperasi seperti biasa. "Pelayanan administrasi tetap kita buka seperti biasa. Hanya memang sekarang penerapan standar protokol kesehatannya akan semakin maksimal," katanya.

Tonton video 'Permukiman di Dekat Secapa AD Disemprot Disinfektan':

(mud/mud)