Muncul Klaster Pusdikpom, 12 Pusdik Militer di Cimahi Disorot Dinkes

Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 15:54 WIB
Pusdikpom Kodiklat AD
Pusdikpom AD di Kota CImahi (Foto: Whisnu Pradana/detikcom)
Cimahi -

Dinkes Kota Cimahi menyoroti pusat pendidikan (pusdik) yang tersebar di Kota Cimahi menyusul munculnya klaster Pusdikpom. Sekdis Kesehatan Kota Cimahi Chanifah Listyarini mengungkapkan swab test di pusdik yang ada di Kota Cimahi harus menunggu arahan dari pimpinan pusat TNI AD.

"Kalau untuk swab test di pusdik selain Pusdikpom yang memang sudah ada kasus positif masih menunggu arahan dan koordinasi dengan pihak TNI," kata Chanifah saat dihubungi, Senin (13/7/2020).

Ia menyarankan dengan munculnya kasus positif COVID-19 di lingkungan asrama TNI, maka protokol kesehatan harus benar-benar diterapkan. "Ini kan berawal dari yang sakit, lalu kontak dengan personel TNI lainnya karena mereka kan tinggal di satu lingkungan dalam waktu lama. Nah itu yang harus diantisipasi," ucap Chanifah.

Di Cimahi, selain Pusdikpom, ada 12 pusat pendidikan militer. Dinkes menegaskan swab test menjadi salah satu prasyarat masuk dalam penerimaan siswa baru.

Nantinya bisa dipastikan siswa yang diterima dan menjalani pendidikan tidak terindikasi tertular dan menularkan COVID-19. Selain itu, selama pandemi COVID-19 sebaiknya ada pembatasan jam bagi siswa untuk keluar lingkungan pendidikan.

Sebab biasanya siswa mendapatkan jatah libur sehingga bisa keluar. Hal tersebut dikhawatirkan berpotensi membawa virus ketika kembali ke pusdik.

"Kami semua berharap lingkungan pusdik di Cimahi bisa clear, makanya protokol kesehatan harus tetap dilakukan. Kita tidak tahu dari mana siswa datang dan dengan siapa kontak eratnya," tutur Chanifah.

Tonton video 'Secapa TNI AD Jadi Klaster Corona, Ini Langkah Ridwan Kamil':

(bbn/bbn)