Ratusan Orang di Kawasan Secapa AD Bakal Ikuti Rapid Test

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Minggu, 12 Jul 2020 18:34 WIB
Petugas melakukan penyemprotan di pemukiman warga sekitar Secapa AD
Secapa AD (Foto: Wisma Putra)
Bandung -

Pemerintah Kota Bandung akan melakukan rapid test terhadap ratusan warga yang tinggal di kawasan Secapa AD. Test dilakukan guna mencegah penyebaran COVID-19 usai ditemukan ribuan orang di Secapa AD positif Corona.

"Kalau Secapa, nanti ada 450 (orang) yang akan kita lakukan rapid test," ucap Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna saat ditemui di Jalan Pajagalan, Kota Bandung, Minggu (12/7/2020).

Rapid test akan dilakukan oleh puskesmas Ciumbeleuit. Rapid test sendiri akan dilakukan mulai dari Rabu hingga Jumat pekan depan.

"Lokasinya di sana, diatur puskesmas Ciumbeleuit," kata Ema.

Ema mengatakan pihaknya akan melakukan terus rapid test terhadap warga di sekitar Secapa AD. Termasuk tracing terhadap warga yang reaktif dan positif usai dilakukan swab.

"Kalau misalnya ada yang reaktif akan ditindaklanjuti dengan swab dan itu akan dikejar lagi, mereka pergi ke mana saja, interaksi dengan siapa saja, mungkin saja itu bisa meluas, tapi tidak masalah agar kita kebih tahu peta masyarakat yang potensi terpapar," tuturnya.

Selain rapid test, Ema yang juga menjabat ketua harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bandung ini menyatakan ada puluhan warga sekitar Secapa AD yang akan dilakukan test swab.

"Kemarin (di swab) ada 28, besok ada tambahan 21 (orang di test swab)," kata dia.

(dir/mud)