Pandemi, Hari Jadi Cianjur ke-343 Besok Tanpa Helaran Budaya

Ismet Selamet - detikNews
Sabtu, 11 Jul 2020 15:05 WIB
Hari Jadi cianjur
Foto: Ismet Selamet
Cianjur -

Kabupaten Cianjur bakal menginjak hari jadi ke-343, besok. Namun di tahun ini tak akan ada helaran budaya, mengingat masih dalam suasana pandemi. Hari Jadi Cianjur akan digelar sederhana.

Asda I Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur Asep Suparman, mengatakan setiap tahunnya Cianjur menggelar helaran budaya untuk memperingati hari jadi, dengan menampilkan kebudayaan lokal sejarah dan lainnya.

"Terutama kita tampilkan kebudayaan Kuda Kosong yang menjadi salah satu cerita sejarah di awal pemerintahan Cianjur. Tapi untuk tahun ini ditiadakan, karena masih dalam situasi pandemi," ujar Asep kepada detik.com, Sabtu (11/7/2020).

Dengan begitu, hari jadi Cianjur yang diperingati setiap 12 Juli, bakal digelar sederhana. Yakni dengan istigosah atau doa bersama, ziarah ke malam Arya Wiratanudatar atau Dalem Cikundul yang merupakan bupati pertama, dan upacara dengan peserta yang terbatas.

"Diakhirnya ada sidang paripurna istimewa Hari Jadi Cianjur ke-343 di Gedung DPRD," ucapnya.

Plt Bupati Cianjur Herman Suherman, menuturkan meski tahun ini tak ada helaran dan digelar secara sederhana, diharapkan hari jadi tetap memiliki makna besar untuk masyarakat.

"Sesuai dengan tema tahun ini, Bersama Hadirkan Semangat Membangun Cianjur, diharapkan ke depannya kita saling bekerjasama membangun kota ini lebih maju dan unggul di berbagai bidang," kata dia.

Herman menambahkan, doa bersama juga digelar dengan harapan COVID-19 cepat berlalu. "Kita sama-sama berdoa, pandemi ini segera selesai sehingga semuanya bisa kembali normal," pungkasnya.

(ern/ern)