Habib Bahar Dikembalikan ke Lapas Gunung Sindur Sejak Kemarin

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 20:55 WIB
Habib Bahar bin Smith
Habib Bahar bin Smith (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung -

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jawa Barat membenarkan terpidana kasus penganiayaan habib Bahar bin Smith dikembalikan ke Lapas Gunung Sindur dari Lapas Nusakambangan. Bahar dikembalikan sejak Kamis (9/7) kemarin.

"Ya dikembalikan ke Lapas Gunung Sindur," ucap Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkum HAM Jabar Abdul Aris kepada detikcom, Jumat (10/7/2020).

Aris memastikan bahwa Bahar saat ini berada di Lapas Gunung Sindur. "(Dikembalikan) tanggal 9 Juli 2020 jam 05.00 (WIB)," ujarnya.

Pihaknya belum menjelaskan secara rinci alasan dikembalikannya Bahar ke dari Lapas Nusakambangan ke Lapas Gunung Sindur. Namun yang pasti, pengembalian ini berdasarkan assessment dari Bapas Nusakambangan.

"(Pengembalian) berdasarkan assessment PK (Pembimbing Kemasyarakatan) Bapas Nusakambangan," kata Aris.

Sebelumnya, habib Bahar dipindah ke Lapas Batu, Nusakambangan. Saat itu, Habib Bahar dijemput petugas lapas karena ceramah provokatif serta melanggar Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena mengumpulkan massa.

Habib Bahar sempat dibebaskan setelah mendapatkan program asimilasi sesuai Permenkum HAM Nomor 10 Tahun 2020. Dia sempat dibebaskan menghirup udara bebas pada Sabtu (16/5). Tiga hari kemudian, Bahar dijemput petugas untuk kembali dibawa ke Lapas Gunung Sindur hingga akhirnya dipindahkan ke Lapas Batu, Nusakambangan.

(dir/bbn)