Selain Rumah Dinas Wali Kota Banjar, KPK Geledah Kantor Dinas PU

Dadang Hermansyah - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 18:01 WIB
KPK Geledah Kantor PU Kota Banjar
Polisi mengawal tim KPK yang menggeledah kantor Dinas PU Banjar. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Banjar -

Selain menggeledah pendopo atau rumah dinas Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih di Jalan Masjid Agung. Petugas KPK juga menggeledah kantor Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Kota Banjar, Jumat (10/7/2020).

Pantauan detikcom di kantor Dinas PUPRPKP Banjar, Jumat (10/7/2020) sore, mobil petugas KPK yang terparkir sebanyak empat unit. Namun belum diketahui jumlah petugas yang melakukan penggeledahan.

Petugas KPK datang ke kantor dinas sejak pagi tadi. Berbarengan dengan tim lainnya yang menggeledah rumah dinas wali kota Banjar.

Namun hingga pukul 17.21 WIB proses penggeledahan di kantor Dinas PU itu belum selesai. Malah, tim yang sebelumnya menggeledah pendopo kini bergabung dengan petugas KPK yang tengah mencari bukti di kantor dinas tersebut.

Kondisi kantor Dinas PUPRKP Banjar tertutup. Di depan pintu kantor terlihat penjagaan oleh empat polisi bersenjata laras panjang.

PLt Jubir KPK Ali Fikri kepada wartawan membenarkan adanya kegiatan KPK di Banjar. Pihaknya tengah menyelidiki kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait proyek pekerjaan infrastruktur pada Dinas PUPR Banjar tahun 2012 hingga 2017.

KPK Geledah Kantor PU Kota BanjarKantor PU Kota Banjar (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)

Tim penyidik KPK tengah melakukan tahap pengumpulan alat bukti, memeriksa saksi dan melakukan kegiatan penggeledahan di beberapa tempat di Kota Banjar. Termasuk pendopo dan Dinas PUPR Banjar, Jumat (10/7/2020).

"Kami saat ini belum dapat menyampaikan detail pihak-pihak yang ditetapkan sebagai tersangka. Karena sebagaimana telah kami sampaikan, bahwa kebijakan Pimpinan KPK terkait ini adalah pengumuman tersangka akan dilakukan saat penangkapan atau penahanan telah dilakukan," kata Ali.

(bbn/bbn)