Habib Bahar Vs Bapas Bogor, Sidang Perdana Bahas Kelengkapan Berkas

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 12:58 WIB
Sidang pledoi habib bahar bin smith
Habib Bahar bin Smith (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)

Kembali ke soal persidangan. Ichwan mengatakan majelis hakim memberi waktu selama 10 hari untuk proses revisi berkas gugatan. Sidang akan dilanjutkan pada tanggal 20 Juli 2020.

"Setelah diperbaiki nanti tanggal 20 (Juli 2020) insyaallah bersidang lagi memperbaiki berkas," ujarnya.

Terkait materi gugatan, Ichwan menyatakan Bahar menggugat atas surat keputusan pembatalan asimilasi yang membuat kliennya kembali dibui usai bebas. Menurut Ichwan, alasan pembatalan itu tak masuk akal.

"Jelas banyak penyimpangan. Dalam SK-nya habib melanggar PSBB dan tidak patuh terhadap asimilasi yang diberikan. Kedua, habib dinyatakan memprovokasi massa berbuat hal lain. Padahal kalau dilihat dari proses itu, habib tidak pernah memprovokasi tidak mengundang massa datang," kata dia.

"Massa datang sendiri, kemudian apa yang diuraikan habib (ceramah) hal yang wajar, kritik pada pemerintah tentang PSBB, tentang rakyat yang kemudian COVID menjalani kesulitan sembako. Beliau kritik tidak menyebut pejabat, beliau secara umum semua," tutur Ichwan menambahkan.

Menurut dia, Bahar mendukung upaya gugatan tersebut. Menurutnya, Bahar berpesan agar tetap berjuang menegakkan keadilan.

"(Pesannya) Berjuang terus, lawan kezaliman, pantang menyerah," ujar Ichwan.

Halaman

(dir/bbn)