KA Argo Parahyangan Bandung-Jakarta Kembali Beroperasi Besok

Siti Fatimah - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 10:45 WIB
KA Argo Parahyangan
Foto: KA Argo Parahyangan (Istimewa).
Bandung -

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung mulai akan mengoperasikan KA Argo Parahyangan rute Bandung-Jakarta (PP) pada Jumat (10/7/2020) besok. Namun pada tahap awal, KA hanya akan melayani perjalanan KA Argo Parahyangan akhir pekan mulai Jumat hingga Senin.

"Pada tahap awal, KA Argo Parahyangan dioperasikan khusus pada akhir pekan (Jumat-Senin). Hal tersebut dikarenakan minat masyarakat untuk bepergian dengan KA jarak jauh lebih tinggi pada akhir pekan," kata Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung Noxy Citrea, Kamis (9/7/2020).

Dia mengatakan, perjalanan KA akan terus dilakukan evaluasi untuk penyesuaian dengan perkembangan di lapangan. Selama ini, kata dia, Argo Parahyangan menjadi kereta andalan Daop 2 dengan okupansi yang cukup tinggi.

Meskipun sudah beroperasi, seluruh KA tidak mengalami kenaikan tarif. Dia mengatakan, untuk KA komersial tarifnya sesuai dengan rentang tarif batas bawah dan tarif batas atas yang telah ditentukan regulator.

Tiket dapat dipesan melalui KAI Access, web KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya mulai H-7 keberangkatan. Sekaligus melihat jadwal keberangkatan, pemilihan tempat duduk dan kelas kereta.

"Adapun loket stasiun hanya melayani penjualan go show mulai tiga jam sebelum KA berangkat," ucap dia.

Berbeda dengan KA lokal, penumpang KA Argo Parahyangan harus menyertakan dokumen negatif rapid atau swab tes COVID-19. Begitupun untuk tujuan Jakarta, harus menyertakan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) DKI Jakarta.

Secara umum, syarat untuk dapat menggunakan KA Jarak Jauh diharuskan dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, wajib menggunakan masker, menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan.

(mso/mso)